Berputar Mundur, Rotasi Inti Bumi Ternyata Sedang Melambat

Kamis, 11 Juli 2024 - 21:15 WIB
Berputar Mundur, Rotasi...
Rotasi Inti Bumi Ternyata Sedang Melambat. FOTO/ EART
LONDON - Para ilmuwan telah menemukan fenomena yang membingungkan: inti Bumi berputar lebih lambat dan bahkan berputar berlawanan arah dengan rotasi Bumi. Hal ini, meskipun hanya terjadi dalam skala kecil, dapat membawa dampak besar bagi planet Bumi.

Seperti dilansir dari Earth, inti bumi, bagaikan bola logam padat yang berputar di dalam planet kita, tersembunyi jauh di bawah permukaan. Para ilmuwan mempelajari rotasinya melalui gelombang seismik dari gempa bumi.

Penelitian menunjukkan bahwa rotasi inti telah melambat selama beberapa dekade. Bahkan, ada indikasi bahwa inti sempat berputar sama dengan rotasi Bumi sebelum melambat dan berputar mundur.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa perlambatan ini kemungkinan mengikuti siklus 70 tahun. Siklus ini, yang telah berlangsung selama beberapa dekade, masih menjadi bahan perdebatan di antara para ilmuwan.

Meskipun perlambatan ini nyata, dampaknya masih belum sepenuhnya dipahami. Beberapa hipotesis mengaitkannya dengan perubahan medan magnet Bumi, yang dapat memengaruhi durasi hari dan bahkan perlindungan planet dari radiasi.

Medan magnet Bumi dihasilkan oleh pergerakan inti luar dan dalam. Medan ini bertindak sebagai perisai, melindungi kita dari radiasi berbahaya dari matahari. Perlambatan inti dapat memengaruhi medan magnet ini, dengan konsekuensi yang belum diketahui.

Rotasi inti bumi yang melambat dan berputar mundur adalah fenomena yang kompleks dan masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Para ilmuwan terus melakukan penelitian untuk memahami lebih dalam fenomena ini dan dampaknya bagi planet kita.

Penelitian tentang rotasi inti bumi masih dalam tahap awal. Meskipun ada kemajuan signifikan, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Fenomena ini menunjukkan betapa dinamisnya planet kita dan pentingnya penelitian ilmiah untuk memahami sistem yang kompleks ini.