Rotasi Inti Bumi Melambat, Ahli Beberkan Dampaknya

Jum'at, 14 Juni 2024 - 22:47 WIB
loading...
Rotasi Inti Bumi Melambat, Ahli Beberkan Dampaknya
Rotasi Inti Bumi Melambat. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa rotasi inti bumi benar-benar melambat. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apa yang terjadi di dalam planet kita dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kita.


Seperti dilansir dari Science Alert, sebuah studi baru yang dipimpin oleh tim dari University of Southern California (USC) menemukan bahwa perubahan rotasi inti dapat mengubah durasi hari-hari kita.

Namun, jangan khawatir, perlambatan ini hanya terjadi dalam hitungan sepersekian detik, jadi Anda tidak perlu menyetel ulang jam tangan Anda.

"Saat saya pertama kali melihat seismogram yang menunjukkan perubahan ini, saya bingung," kata ilmuwan Bumi John Vidale dari USC.

"Tetapi ketika kami menemukan dua lusin observasi lain yang menunjukkan pola yang sama, hasilnya tidak dapat dihindari."

Penelitian ini, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience, menggunakan gelombang seismik dari gempa bumi untuk mengamati pergerakan inti bumi. Para peneliti menemukan bahwa inti bumi telah melambat sejak awal 2000-an.

Perlambatan ini kemungkinan disebabkan oleh interaksi antara inti bumi dan mantelnya, lapisan tebal di bawah kerak bumi. Mantel bumi berputar lebih cepat daripada inti, dan gesekan antara kedua lapisan ini dapat menyebabkan inti melambat.

Dampak dari rotasi inti yang melambat masih belum sepenuhnya diketahui. Beberapa ilmuwan percaya bahwa hal itu dapat berpengaruh pada medan magnet bumi, yang melindungi kita dari radiasi berbahaya dari matahari. Yang lain percaya bahwa hal itu dapat menyebabkan perubahan kecil dalam durasi hari dan musim.

Meskipun masih banyak yang belum diketahui tentang rotasi inti bumi yang melambat, penelitian ini adalah langkah penting untuk memahami planet kita dan bagaimana ia bekerja.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0980 seconds (0.1#10.140)
pixels