Jumlah Populasi Penduduk Dunia Akan Bertambah 20 Miliar Jiwa

Minggu, 14 Juli 2024 - 15:20 WIB
loading...
Jumlah Populasi Penduduk...
Jumlah Populasi Penduduk Dunia. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Laporan terbaru dari Divisi Populasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dirilis pada tanggal 11 Juli 2024 memproyeksikan bahwa populasi global akan bertambah lebih dari 2 miliar jiwa dalam beberapa dekade mendatang.



Namun, populasinya akan mulai menurun setelah mencapai puncaknya pada tahun 2080an, menjadi sekitar 10,3 miliar pada pergantian abad berikutnya, menurut laporan tersebut.

“Meskipun negara-negara dengan populasi yang telah mencapai puncaknya sebagian besar berada di Eropa, jumlah negara dan wilayah terbesar di antara negara-negara yang kemungkinan akan mencapai puncaknya dalam 30 tahun ke depan berada di Amerika Latin dan Karibia – 19 negara, atau 40% dari total populasi. jumlah totalnya,” bunyi laporan itu.

Angka-angka baru ini merupakan perubahan besar dalam perkiraan pertumbuhan populasi global, yang sebelumnya diperkirakan akan meningkat setelah abad ke-21. Namun kini, puncaknya diperkirakan akan terjadi pada abad ini dengan probabilitas 80%.

“Ini adalah perubahan besar dibandingkan dengan proyeksi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada satu dekade sebelumnya ketika perkiraan kemungkinan populasi global akan mencapai maksimum, dan dengan demikian pertumbuhan akan berakhir pada abad ke-21, adalah sekitar 30%,” John Wilmoth , kata kepala Divisi Kependudukan PBB, yang menyusun laporan tersebut.

Di banyak negara, termasuk Amerika, imigrasi diperkirakan akan menjadi faktor utama pertumbuhan penduduk dalam waktu dekat. Jika tingkat imigrasi menurun karena alasan apa pun, negara-negara tersebut kemungkinan akan mencapai puncak populasinya jauh lebih awal, kata laporan tersebut.

“Imigrasi diproyeksikan menjadi pendorong utama pertumbuhan populasi di 52 negara dan wilayah hingga tahun 2054 dan di tahun 62 hingga tahun 2100. Kelompok ini mencakup Australia, Kanada, Qatar, Arab Saudi, dan Amerika Serikat,” menurut laporan tersebut.

Bagi negara-negara yang telah mencapai puncaknya, termasuk Rusia, imigrasi diyakini menjadi faktor utama yang memperlambat proyeksi penurunan mereka, menurut laporan tersebut.

“Bagi beberapa negara, imigrasi bersih membantu melawan penurunan populasi. Populasi di 19 negara dalam kelompok ini, termasuk Jerman, Jepang, Italia, Federasi Rusia dan Thailand, akan mencapai puncaknya lebih awal dan pada tingkat yang lebih rendah jika tidak ada imigrasi,” menurut laporan tersebu

Laporan ini juga membahas beberapa tantangan dan peluang yang terkait dengan pertumbuhan populasi global ini.

Tantangannya termasuk memenuhi kebutuhan pangan, air, dan energi yang semakin meningkat, serta memastikan akses ke pendidikan dan layanan kesehatan bagi semua orang. Peluangnya termasuk peningkatan potensi ekonomi dan inovasi yang lebih besar.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)