Virus Chandipura Serang India, 32 Orang Dilaporkan Tewas

Senin, 22 Juli 2024 - 19:58 WIB
loading...
Virus Chandipura Serang...
Virus Chandipura melanda India dan menyebabkan puluhan warga meninggal dunia. FOTO/ HINDUSTAN TIMES
A A A
NEW DELHI - Negara bagian Gujarat di India melaporkan 13 kasus baru yang diduga virus Chandipura dengan lima kematian tercatat.


Berdasarkan angka terbaru, jumlah orang yang terkonfirmasi dan diduga terinfeksi di negara bagian tersebut sejauh ini telah meningkat menjadi 84 orang, sementara jumlah kematian meningkat menjadi 32 orang.

Tidak ada kasus baru yang dikonfirmasi dilaporkan di Gujarat kemarin, menurut departemen kesehatan, dan menambahkan bahwa sampel dari semua kasus yang diduga telah dikirim ke Institut Virologi Nasional (NIV) untuk diagnosis lebih lanjut.

Negara bagian tersebut melaporkan kematian pertama akibat virus Chandipura pada Rabu pekan lalu, sehingga mendorong departemen kesehatan negara bagian tersebut mengeluarkan instruksi untuk melakukan pemantauan dan pengawasan harian di tingkat lokal.

Seperti dilansir dari NDTV, Hal ini bertujuan untuk mendeteksi potensi infeksi dan mengendalikan penyakit.

Pemerintah juga telah memulai beberapa langkah untuk mengendalikan infeksi virus yang menyebar melalui vektor seperti nyamuk, kutu, dan lalat pasir.

Tim departemen kesehatan melakukan pengawasan terhadap sekitar 19.000 rumah tangga dan menyemprotkan disinfektan pada 116.000 rumah di daerah yang terkena dampak, menurut pernyataan dari departemen kesehatan.

Virus Chandipura menyebabkan demam dan gejala mirip flu. Kasus yang serius melibatkan ensefalitis akut (radang otak).

Penyakit ini disebarkan oleh Vesiculovirus dari keluarga Rhabdoviridae.

Ketika wabah ini merebak di India tengah pada tahun 2003 hingga 2004, penyakit ini menyebabkan angka kematian sebesar 56 hingga 75 persen di antara pasien di negara bagian Andhra Pradesh dan Gujarat.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)