Kehebatan Jaguar dan Griffon, Kendaraan Lapis Baja Andalan Prancis

Jum'at, 26 Juli 2024 - 08:48 WIB
loading...
Kehebatan Jaguar dan...
Prancis telah mengumumkan rencana ambisius untuk mempercepat produksi Jaguar dan Griffon. Foto/Army Recognition
A A A
JAKARTA - Militer Prancis dalam waktu dekat akan memiliki ratusan kendaraan lapis baja Jaguar dan Griffon. Keduanya diklaim dilengkapi teknologi canggih serta fitur inovatif yang meningkatkan komunikasi real-time dan digitalisasi medan perang.

Belum jelas apakah kedua jenis kendaraan lapis baja ini hanya diperuntukkan untuk pasar domestik atau akan dijual ke negara lain.

Dilansir dari Army Recognition, Jumat (26/7/2024), KNDS Prancis telah mengumumkan rencana ambisius untuk mempercepat produksi Jaguar dan Griffon. Menurut pernyataan perusahaan tanggal 17 Juli 2024, diperkirakan akan diproduksi 725 unit Griffon dan 95 unit Jaguar pada akhir tahun 2024. Selain itu, kendaraan Griffon pertama yang dilengkapi dengan mortir 120 mm MEPAC akan dikirimkan pada tahun 2024.

Kendaraan-kendaraan ini sangat penting untuk program SCORPION untuk modernisasi sistem tempur Angkatan Darat Prancis. Dengan mengintegrasikan teknologi mutakhir dan mendorong lingkungan tempur kolaboratif, program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas militer Prancis dalam perang modern.


Spesifikasi Jaguar

Jaguar adalah kendaraan pengintai dan tempur lapis baja yang dirancang oleh Prancis bekerja sama dengan Nexter, Renault Trucks Defense (RTD), dan Thales. Dengan berat 25.000 kg, kendaraan ini dilengkapi dengan persenjataan yang mumpuni termasuk meriam 40 mm, senapan mesin 7,62 mm, dan rudal anti-tank jarak menengah. Desainnya menawarkan perlindungan efektif terhadap tembakan senjata kecil dan pecahan peluru, sesuai dengan standar NATO STANAG 4569 Level 4.

Kehebatan Jaguar dan Griffon, Kendaraan Lapis Baja Andalan Prancis


Jaguar dapat mencapai kecepatan maksimum 90 km/jam dan memiliki jangkauan 800 Km. Kendaraan ini juga dilengkapi beberapa aksesori yang meningkatkan kemampuan operasionalnya. Termasuk penglihatan siang/malam, perlindungan nuklir, biologis, dan kimia (NBC) melalui kelebihan tekanan internal dan pendingin udara, sistem peringatan laser, sistem deteksi rudal musuh, dan sistem pemblokiran radio dan inframerah.

Kendaraan ini dirancang untuk menampung tiga awak. Dimensinya adalah panjang 7,3 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 2,6 meter. Saat ini digunakan oleh Prancis, Jaguar juga menarik minat dari Belgia, yang menyoroti efektivitas dan keserbagunaannya di medan perang modern.


Spesifikasi Griffon


Sementara Griffon adalah kendaraan lapis baja serbaguna yang dirancang di Prancis, dengan berat 24.500 kg, dan mampu mencapai kecepatan maksimum 110 km/jam. Kendaraan ini terutama digunakan oleh Angkatan Darat Prancis.

Kendaraan ini dipersenjatai dengan senapan mesin 7,62 mm atau 12,7 mm, atau peluncur granat otomatis 40 mm, menawarkan kekuatan api yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan operasional. Griffon juga dilindungi dari tembakan senjata kecil dan pecahan peluru, sesuai dengan standar NATO STANAG 4569 Level 4, memastikan ketangguhan yang cukup di medan perang .

Kehebatan Jaguar dan Griffon, Kendaraan Lapis Baja Andalan Prancis


Kendaraan ini dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih untuk meningkatkan kemampuannya. Dilengkapi dengan penglihatan siang/malam, perlindungan NBC dengan kelebihan tekanan internal dan pendingin udara, memastikan keselamatan awak dalam segala kondisi. Griffon dapat mengangkut tiga awak bersama dengan delapan tentara tambahan, menjadikannya alat transportasi yang sangat efektif untuk penyebaran cepat dan misi dukungan.

Dengan jangkauan 800 km, Griffon dapat menempuh jarak jauh tanpa perlu pengisian bahan bakar yang sering, sehingga meningkatkan efisiensi operasionalnya. Dimensinya adalah panjang 7 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3 meter, memungkinkan fleksibilitas yang besar dalam berbagai situasi tempur. Griffon menggabungkan mobilitas, perlindungan, dan kekuatan dalam satu kendaraan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)