Simak Foto-Foto Menakjubkan Mata Sahara dari Luar Angkasa

Jum'at, 26 Juli 2024 - 15:05 WIB
loading...
Simak Foto-Foto Menakjubkan...
Penampakan Mata Sahara dari wahana luar angkasa. Foto/ISS
A A A
JAKARTA - Foto-foto menakjubkan Mata Sahara atau Struktur Richat yang misterius di Afrika berhasil diambil dari luar angkasa.

Gambar-gambar tersebut diambil di atas Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada tanggal 17 Juli, sejauh 411 kilometer di atas Bumi, memandang ke bawah Mauritania di Afrika Barat Laut.

Seperti yang terlihat dari foto-foto yang diambil, mudah untuk melihat dari mana fitur geologis 40 kilometer itu mendapatkan julukan Mata Sahara. Cincin konsentrisnya benar-benar memberikan penampilan mata.

Simak Foto-Foto Menakjubkan Mata Sahara dari Luar Angkasa


Tetapi meskipun mungkin terlihat seperti bola mata makhluk raksasa menatap ke luar angkasa, struktur itu bukanlah bukti bahwa alien pernah tinggal di Bumi. Kendati demikian, asal usul Struktur Richat masih diperdebatkan dan beberapa teori memang melibatkan pengunjung bukan dari luar angkasa. Namun pengunjung yang dimaksud adalah meteor besar, karena peristiwa dampak biasanya meninggalkan fitur melingkar yang serupa setelah batuan menabrak permukaan Bumi.



Teori ini sempat menguat hingga muncul penelitian tahun 2014 yang mendukung teori berbeda, yaitu struktur Richat muncul dari kejadian di dalam Bumi, bukan dari tempat lain. Secara khusus, apa yang dikenal sebagai intrusi magma mendorong batuan naik untuk membentuk kubah terangkat atau antiklin berkubah.

Seiring waktu, berbagai jenis batuan yang membentuk bagian atas kubah - bebatuan beku dan sedimen - terkikis pada tingkat berbeda, meninggalkan serangkaian punggung bukit melingkar dengan kemiringan curam di satu sisi dan yang lembut di sisi lainnya, yang dikenal sebagai cuestas.



Beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa Struktur Richat sebenarnya adalah situs dari kota Atlantis yang hilang. Namun, magma memaksa tanah di atas menjadi sebuah kubah adalah satu-satunya kemungkinan nyata. Bahkan, aktivitas vulkanik bertanggung jawab untuk membentuk lebih dari sekadar satu bagian tubuh yang mirip di Sahara.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)