Keberadaan Kura-Kura Raksasa Danau Fulk Tak Bisa Dibantah Lagi

Selasa, 30 Juli 2024 - 13:36 WIB
loading...
Keberadaan Kura-Kura...
Keberadaan Kura-Kura Raksasa Danau Fulk. FOTO/ IFL Science
A A A
JAKARTA - Desas-desus keberadaan Monster Busco, kura-kura raksasa seberat 500 pon yang konon menghuni Danau Fulk di Indiana, telah menjadi legenda lokal selama bertahun-tahun.



Penampakan makhluk misterius ini pertama kali dilaporkan pada akhir tahun 1940-an dan terus menarik perhatian hingga saat ini.

Seperti dilansir dari IFL Science, klaim tentang kura-kura seukuran meja makan dengan berat ratusan kilogram tentu saja terdengar sangat tidak masuk akal.

Bukan hanya satu atau dua orang yang mengaku melihat Monster Busco, tetapi penampakan ini dilaporkan terjadi beberapa kali, semakin memperkuat misteri ini.

Julukan "Monster Busco" sendiri sudah cukup untuk membangkitkan rasa penasaran dan menarik perhatian banyak orang.

Hal ini diperkuat Spesies penyu purba yang sisa-sisanya ditemukan di Spanyol merupakan penyu laut terbesar yang pernah ditemukan di Eropa.

Penyu yang diberi nama Leviathanochelys aenigmatica ini memiliki panjang hingga 3,74 meter. Ia hidup antara 72,1 juta dan 83,6 juta tahun yang lalu, sekitar waktu yang sama dengan dinosaurus seperti Velociraptor.

Fragmen fosil tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pejalan kaki pada tahun 2016 di Coll de Nargó, sebuah desa di wilayah Catalonia. Sisa-sisanya digali dan dikumpulkan oleh pemerintah setempat dan pejabat museum.

Pada tahun 2021, Àngel Luján di Universitas Otonom Barcelona dan rekan-rekannya melakukan penggalian lebih lanjut di kawasan tersebut dan menemukan bahwa fosil tersebut sebenarnya milik spesies penyu baru. Selama penggalian ini, tim menyadari bahwa panggul penyu selebar 90 sentimeter memiliki dua tonjolan tulang di bagian depannya, tidak seperti panggul penyu lainnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penyu tersebut merupakan penyu laut terbesar kedua yang pernah ditemukan dan terbesar yang pernah ditemukan di Eropa.

Penyu terbesar yang pernah ditemukan, Archelon , ditemukan di Amerika Utara dan diperkirakan memiliki panjang tubuh 4,6 meter.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1605 seconds (0.1#10.140)