Sabun Daun Kelor, Inovasi Ramah Lingkungan dari Pesisir Madura

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 19:00 WIB
loading...
Sabun Daun Kelor, Inovasi...
Sabun daun kelor atau sabun Moringa menjadi pilihan yang ramah lingkungan. Foto/Dok UNEJ
A A A
SUMENEP - Sabun daun kelor atau sabun Moringa menjadi pilihan yang ramah lingkungan . Produk ini tercipta dari sebuah penelitian di kawasan pesisir Sumenep, Madura.

Sabun daun kelor dikembangkan oleh peneliti dari Fakultas Pertanian bersama Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (UNEJ). Idenya bermuka dari kondisi masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir utamanya di Desa Pakandangan Sangra, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep.

“Secara geografis, kulit mereka lebih rentan terhadap kekeringan akibat paparan sinar matahari dan air laut. Inisiasi pembuatan sabun berbahan dasar daun kelor ini dilakukan agar masyarakat dapat menjaga kelembaban kulit mereka secara alami, tanpa harus khawatir akan efek samping dari bahan kimia keras seperti deterjen," kata Dekan Fakultas Pertanian UNEJ Prof. Soetriono, beberapa waktu lalu.

Setelah mengeksplorasi bahan serta melampaui beberapa eksperimen, tim peneliti memberikan alat produksi serta praktik pembuatan sabun kepada warga Desa Pakandangan Sangra pada awal Agustus 2024 lalu.



Mereka mendemonstrasikan cara memproduksi sabun Moringa di hadapan warga. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan warga tentang manfaat daun kelor serta membuka peluang ekonomi baru bagi mereka.

“Inovasi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan kulit, tetapi juga pada pemberdayaan ekonomi lokal. Dengan alat produksi sabun kelor yang telah kami hibahkan ini, diharapkan dapat diproduksi secara mandiri oleh masyarakat setempat, memberikan peluang usaha baru yang ramah lingkungan dan berkelanjutan," kata Prof Soetriono.

Dosen Fakultas Universitas Jember, menjelaskan sabun Moringa ini bebas dari bahan kimia sintetis seperti SLS (Sodium Lauryl Sulfate) dan COCO DEA yang umum ditemukan pada sabun komersial. Selain itu, sabun ini juga tidak mengandung bahan pengawet dan bersifat ramah lingkungan karena mudah terdegradasi oleh alam.



Keunggulan lain dari sabun Moringa ini antara lain, menutrisi kulit, mengangkat sel mati, membersihkan kulit dari kotoran dan kuman, melembabkan kulit secara alami dan memberikan efek relaksasi melalui aromaterapi dari essential/fragrance oil yang ditambahkan dan dapat disesuaikan.

Ahmad Nurdi, Ketua Kelompok Tani Desa Pakandangan Sangra, mengungkapkan kebanggaan atas inovasi ini. “Awalnya saya tidak mengira bahwa produk turunan dari daun kelor sangat banyak. Dengan adanya sabun kelor ini, masyarakat bisa memanfaatkan potensi kelor yang melimpah di desa kami, sekaligus menjaga kesehatan kulit,” katanya.

Kolaborasi antara Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember dalam proyek ini menjadi contoh nyata dari bagaimana perguruan tinggi dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi yang berkelanjutan.

Bahan baku daun kelor yang dihasilkan tidak hanya memberikan manfaat kesehatan dan beberapa produk turunan telah diciptakan diantaranya, serbuk, teh celup, snack, kapsul dan oil, hal ini juga diharapkan dapat menjadi produk unggulan yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk masyarakat pesisir di Sumenep.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)