Riset Terbaru Ungkap Ternyata Bumi Bukan Memiliki 7 Benua

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 11:22 WIB
Riset Terbaru Ungkap...
Bumi di tata surya. FOTO/ DAILY
LONDON - Riset terbaru memaparkan ternyata Bumi tidak memiliki tujuh benua seperti yang kita ketahui Afrika, Antartika, Asia, Oseania, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Gondwana Research, menyatakan bahwa kita sebenarnya hanya memiliki enam benua.

Klaim luar biasa ini merupakan hasil penelitian terperinci tentang proses geologis di balik terpecahnya Eropa dan Amerika Utara, dan tentang bagaimana daratan ini berevolusi dari waktu ke waktu.

Penulis utama makalah tersebut, Dr. Jordan Phethean, dari Universitas Derby, menjelaskan kepada Earth.com bahwa temuan timnya menunjukkan bahwa “lempeng tektonik Amerika Utara dan Eurasia belum benar-benar terpecah, seperti yang secara tradisional diperkirakan terjadi 52 juta tahun yang lalu.”

Sebaliknya, katanya, lempeng-lempeng ini terus meregang dan masih dalam proses terpecah, alih-alih menjadi entitas yang sepenuhnya terpisah.

Dengan kata lain, Amerika Utara dan Eropa dapat dianggap sebagai satu benua, alih-alih dua benua yang berbeda.

Penelitian ini berfokus pada pulau vulkanik Islandia, yang sebelumnya diketahui terbentuk sekitar 60 juta tahun lalu sebagai akibat dari punggungan Atlantik tengah.

Batas tektonik ini, yang dibentuk oleh lempeng Amerika Utara dan Eurasia, diperkirakan telah memicu munculnya gumpalan mantel panas yang akhirnya menciptakan pulau itu.

Namun, dengan menganalisis gerakan tektonik secara cermat di seluruh Benua Afrika, Phethean dan rekan-rekannya telah menantang teori ini dan mengajukan ide baru yang radikal.