Spesifikasi Machbet, Senjata Andalan Israel untuk Lawan Drone

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 16:05 WIB
loading...
Spesifikasi Machbet,...
Machbet adalah versi Israel dari sistem anti-pesawat M163 PIVADS buatan Amerika. Foto/Public Domain
A A A
JAKARTA - Ancaman aksi balasan oleh Iran, Hizbullah, hingga Hamas menggunakan roket dan drone terus mengintai Israel . Negara Zionis itu pun tak bisa tenang hingga harus terus siaga dan memodernisasi sistem pertahanan udara lamanya.

Israel telah menarik senjata anti-pesawat lama dari penyimpanan dan memodernisasinya. Sistem Machbet yang diperbarui kini mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh drone yang diproduksi massal.

Dilansir dari Essanews, Sabtu (17/8/2024), Machbet adalah versi Israel dari sistem anti-pesawat M163 PIVADS buatan Amerika. Awalnya dikembangkan pada tahun 1960-an sebagai M163 VADS, sistem ini ditingkatkan pada tahun 1980-an dengan nama M163 PIVADS (Product Improved VADS).

Senjata Amerika ini menggunakan sasis kendaraan personel lapis baja M113, di mana dipasang kanon M61 Vulcan (General Dynamics M168)—sebuah sistem senapan Gatling 6 laras yang menembakkan peluru kaliber 20 mm dengan kecepatan hingga 6.600 tembakan per menit.



Pada tahun 1988, sistem ini dilengkapi dengan peluncur rudal anti-pesawat FIM-92 Stinger quadruple. Set-set ini digunakan di Israel dengan nama Hovet.

Spesifikasi Machbet Israel


Varian pengembangan Israel dari senjata ini, Machbet (dalam bahasa Ibrani berarti kelelawar), dikembangkan pada akhir abad ke-20. Sistem ini dilengkapi kamera pencitraan termal dan radar untuk penargetan sasaran yang terdeteksi, serta tautan data yang memungkinkan informasi target diperoleh dari radar eksternal.



Sistem-sistem ini ditarik dari layanan dan disimpan pada tahun 2006. Setelah dikeluarkan dari penyimpanan, sistem ini dimodernisasi dalam waktu tiga bulan.

Radar yang usang dihapus dan digantikan dengan kepala elektro-optik modern selama proses pemodernisasian. Berkat peningkatan ini, sistem kini mencakup fungsi pelacakan dan penargetan otomatis, dengan keterlibatan manusia yang bersifat opsional untuk memutuskan saat melakukan tembakan.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)