Bawa Miliarder ke Luar Angkasa, SpaceX Siap Cetak Sejarah

Rabu, 11 September 2024 - 19:19 WIB
loading...
Bawa Miliarder ke Luar...
Misi Polaris Dawn dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari. Foto/SpaceX
A A A
AMERIKA SERIKAT - Pesawat SpaceX Crew Dragon berhasil membawa empat astronot ke luar angkasa dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida pada Selasa (10/9/2024) waktu setempat. Mereka adalah miliarder Jared Isaacman, mantan pilot tempur militer Scott Poteet dan dua karyawan SpaceX, Sarah Gillis dan Anna Menon.

Misi Polaris Dawn dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari yang bertujuan menguji desain pakaian luar angkasa baru dan melakukan spacewalk pribadi pertama di dunia. Pesawat akan berusaha mencapat ketinggian lebih dari 870 mil di atas Bumi, lebih dari dua kali orbit rata-rata Stasiun Luar Angkasa Internasional. Misi ini juga berencana melakukan serangkaian 36 eksperimen ilmiah.

Eksperimen-eksperimen ini akan mempelajari efek ruang angkasa terhadap tubuh manusia, mencoba memotret otak astronot menggunakan pencitraan resonansi magnetik, mengeksplorasi pengambilan gambar sinar-X tanpa kamera dengan memanfaatkan aliran radiasi alami di ruang angkasa, serta menguji komunikasi berdasarkan tautan laser Starlink.

Setelah meluncur dari Space Center, kapsul SpaceX mencapai orbit sekitar sembilan setengah menit kemudian, dan kru bermain-main dengan mainan anjing astronaut kecil saat gravitasi nol mulai terasa. Crew Dragon terpisah dari batang dukungannya tiga menit kemudian, dengan kamera di dalam kapsul menunjukkan pemandangan spektakuler kapsul di atas Bumi yang diterangi matahari.



“Ketika memandang ke arah Bintang Utara, ingatlah bahwa keberanian Anda menerangi peta bagi penjelajah masa depan,” kata Direktur Peluncuran SpaceX, Frank Messina, kepada kru melalui radio dilansir dari Asia One.

“Kami mempercayai keterampilan, keberanian, dan kerja sama tim Anda untuk menjalankan misi yang ada di depan. ... Kami mengirimkan pelukan dari darat.”

Pendorong Falcon 9 untuk misi ini mendarat dengan aman di sebuah landasan di laut. Ini adalah misi pribadi kelima Crew Dragon — dan yang paling berisiko — sejauh ini. Pesawat luar angkasa ini selanjutnya akan menetap di orbit berbentuk oval, mendekati Bumi sejauh 190 Km dan sejauh 1.400 Km, yang merupakan jarak terjauh yang pernah dijangkau manusia sejak akhir program Apollo AS pada tahun 1972.

Upaya peluncuran pada bulan lalu sempat ditunda beberapa jam sebelum lepas landas karena kebocoran helium kecil pada peralatan darat di landasan peluncuran SpaceX. SpaceX memperbaiki kebocoran tersebut, tetapi kemudian peluncuran ditunda oleh regulator AS.

Hanya astronaut pemerintah yang sangat terlatih dan didanai yang telah melakukan spacewalk di masa lalu. Telah ada sekitar 270 spacewalk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak dibangun pada tahun 2000, dan 16 dilakukan oleh astronaut China di stasiun luar angkasa Tiangong Beijing.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)