Palianytsia, Senjata Misterius Ukraina yang Bikin Rusia Kelabakan

Senin, 09 September 2024 - 06:39 WIB
loading...
Palianytsia, Senjata...
Penggunaan pertama Palianytsia terhadap Rusia terjadi pada Hari Kemerdekaan Ukraina menargetkan objek di Krimea. Foto/Maksym Hlushak
A A A
JAKARTA - Ukraina secara mengejutkan berhasil menghancurkan kilang-kilang minyak serta pangkalan udara Rusia . Hal itu tak lepas dari kontribusi Palianytsia. Senjata baru yang masih misterius spesifikasinya ini memiliki kecepatan serta daya hancur luar biasa.

Sejak dimulainya perang skala penuhnya melawan Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah mampu menyerang bagian mana pun dari Ukraina. Sampai baru-baru ini, giliran Ukraina menyerang balik.

Program drone jarak jauh Ukraina menuai hasil. Serangan rutin terhadap kilang minyak Rusia telah mengganggu pasokan bahan bakar, sementara serangan terhadap pangkalan udara militer telah merusak pembom strategis yang digunakan untuk meneror kota-kota Ukraina.

Presiden Zelenskyy baru-baru ini mengumumkan telah menciptakan drone jarak jauh baru yang disebut Palianytsia. Zelenskyy menyatakan penggunaan pertama Palianytsia terhadap Rusia terjadi pada Hari Kemerdekaan Ukraina, 24 Agustus 2024. Serangan ini menargetkan objek di Krimea yang diduduki.

Meskipun spesifikasi yang tepat dari drone tersebut masih dirahasiakan, namun gambaran besar Palianytsia sedikit demi sedikit terkuak. Berikut Spesifikasi Palianytsia dilansir dari Euro Maidan Press, Senin (9/9/2024):



Palianytsia dikembangkan selama 1,5 tahun oleh Ukraina. Drone ini diluncurkan dari platform darat, menggunakan mesin turbojet, dilengkapi dengan penanggulangan perang elektronik, dan menetapkan lokasinya melalui satelit.

Palianytsia memiliki ukuran sekitar 2-2,5 meter dengan diameter 40 cm. Ukuran ini kira-kira setengah ukuran rudal anti-kapal Ukraina Neptune, yang terkenal menenggelamkan kapal perang Rusia Moskva pada tahun 2022.

Drone ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 500 km/jam dengan jangkauan sekitar 500 km, dan dapat membawa hulu ledak seberat 60 hingga 100 Kg. Ahli penerbangan Kostiantyn Kryvolap mencatat kapasitas muatan ini memungkinkan fleksibilitas dalam menyeimbangkan jangkauan dan kekuatan destruktif.

Keunggulan lain dari drone Palianytsia adalah harganya yang terjangkau dan dapat diproduksi secara massal. Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov, memberi label harga di bawah USD1 juta untuk Palianytsia, tetapi ahli penerbangan Kostiantyn memperkirakan biaya pembuatan Palianytsia sekitar USD320.000.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)