Spesifikasi Lancet E, Drone Buatan Rusia yang Lincah dan Ekonomis

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 17:05 WIB
loading...
Spesifikasi Lancet E,...
Lancet E muncul dalam pameran pertahanan Forum Teknis Militer Internasional Army 2024. Foto/Army Recognition
A A A
JAKARTA - Drone Lancet E buatan Rusia berbentuk sebuah tabung abu-abu bersudut dengan dua set empat sayap kini menjadi ancaman di tengah perang modern.

Peluncuran drone tanpa awak Lancet E sebulan lalu menambah citra Rusia sebagai produsen senjata perang yang canggih. Bahkan Lancet 3, edisi sebelumnya terbukti mampu merusak tank Leopard 2 dan howitzer Caesar milik Ukraina.

Melansir Reuters, Sabtu (17/8/2024)Rosoboronexport JSC, bagian dari Rostec State Corporation, memperkenalkan sistem Lancet E di pameran pertahanan Forum Teknis Militer Internasional Army-2024 di Kubinka. Seri ini menjadi versi ekspor dari Lancet yang terbukti efektif di medan perang.

Lancet E terdiri dari drone pengintai Z-16-E dan dua drone kamikaze (amunisi berkeliaran)Item 51-EdanItem 52-E. Keduanya berbeda dalam hal jangkauan dan berat lepas landas maksimum.



"Keunggulan Lancet E terletak pada efektivitas tertinggi di medan perang dan kemampuan untuk menyerang berbagai target, dari semua jenis kendaraan lapis baja dan benteng untuk mencapai target permukaan,” kata Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport.

Keunggulan tadi membuat Rusia percaya diri untuk mengekspor Lancet E yang diperkirakan akan terjual lebih dari 1.000 set.

"Tentu saja dukungan dariKementerian Pertahanan Rusia telah mendorong peningkatan produksi Lancet E sebagai cara efisien menyerang peralatan Barat bernilai tinggi yang diberikan kepada Ukraina untuk serangan balik," kata Samuel Bendett, peneliti senior di Pusat Keamanan Amerika Serikat.

Menurut sumber dari Rusia, sebuah pesawat tanpa awak Lancet berharga sekitar 3 juta Rubel atau sekitar Rp 527 juta.Lancet dinilai lebih ekonomis karena perangkat sekali pakai yang akan hancur sendiri saat terjadi benturan. Hal itu hanya dapat dilakukan jika biayanya ditekan hingga puluhan ribu dolar per drone.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)