3 Rudal Balistik Israel yang Menggemparkan, 2 di Antaranya Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Selasa, 20 Agustus 2024 - 06:22 WIB
loading...
3 Rudal Balistik Israel...
Tak hanya bergantung pada bantuan sekutu, Israel juga memiliki sejumlah persenjataan yang diproduksi sendiri. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah rudal balistik Israel berkemampuan mengerikan yang diwaspadai musuh-musuhnya. Jarak jangkaunya sendiri terdiri dari pendek hingga menengah.

Tak hanya bergantung pada bantuan sekutu, Israel juga memiliki sejumlah persenjataan yang diproduksi sendiri. Salah satu di antaranya yang cukup mencuri perhatian berupa rudal balistik.

Senjata tersebut menjadi andalan Tel Aviv untuk menyerang musuh-musuhnya dari area udara. Berikut ini daftarnya yang paling menggemparkan.

Rudal Balistik Israel

Jericho 2
3 Rudal Balistik Israel yang Menggemparkan, 2 di Antaranya Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Jericho 2 merupakan rudal balistik jarak menengah (MRBM) yang dimiliki Israel. Memakai bahan bakar padat, rudal ini dikembangkan dan diproduksi langsung oleh Tel Aviv.

Mengutip laman MissileThreat, Jumat (9/8/2024), Jericho 2 atau biasa dikenal juga YA-3 menjadi penerus dari proyek Jericho 1 yang sudah usang. Rudal balistik ini mulai beroperasi sekitar 1989 dan diperkirakan akan tetap bisa bertahan hingga 2026 mendatang.

Pada spesifikasinya, Jericho 2 adalah rudal berbahan bakar padat dua tahap berjarak menengah. Rudal ini memiliki panjang 15 meter dan lebar 1,35 meter.

Berkaitan dengan performanya, rudal ini diklaim mampu menjangkau hingga 1.500 km. Selain itu, dapat pula membawa muatan bahan peledak tinggi (HE) hingga 1.500 kg serta hulu ledak nuklir mencapai 1 MT.

Jericho 2 bisa diluncurkan dari silo atau kendaraan TEL. Fleksibilitas ini membuatnya bisa bergerak dengan cepat, termasuk menghindari sergapan musuh.

Jericho 3
3 Rudal Balistik Israel yang Menggemparkan, 2 di Antaranya Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Berikutnya ada Jericho 3. Perancangannya ditujukan untuk menggantikan Jericho 2 yang lebih tua.

Melihat riwayatnya, Jericho 3 mulai digunakan pada 2011. Bersama panjang sekitar 15,5-16 m dan diameter 1,56 m, rudal balistik jarak menengah ini memiliki bobot peluncuran 29.000 kg.

Sementara untuk kinerjanya, Jericho 3 memiliki jangkauan lebih dari 4.800 km. Rudal ini juga diklaim dapat dilengkapi hulu ledak nuklir seberat 750 kg dengan hasil antara 150 dan 400 kT.8

Saat ini, Jericho 3 menjadi ujung tombak utama persenjataan rudal balistik Israel. Beberapa laporan menyebut keberadaannya disembunyikan di pangkalan Zacharia, barat daya Tel Aviv.

LORA
3 Rudal Balistik Israel yang Menggemparkan, 2 di Antaranya Bisa Bawa Hulu Ledak Nuklir

Sedikit berbeda dengan 2 di atas, LORA adalah rudal balistik jarak pendek (SRBM). Rudal ini dapat diluncurkan melalui kendaraan peluncur di darat atau kapal di laut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2453 seconds (0.1#10.140)