NASA Temukan Benda Raksasa yang Bergerak Super Cepat

Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:27 WIB
NASA Temukan Benda Raksasa...
Benda Raksasa Misterius Bergerak Super Cepat di Antarikasa. FOTO/ IFL SCIENCE
JAKARTA - Sebuah objek berkecepatan tinggi yang bergerak terlalu cepat melalui galaksi Bima Sakti ditemukan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional ( NASA ).

Para ilmuwan mengatakan benda misterius berukuran lebih dari 27.306 kali Bumi itu bergerak dengan kecepatan 1,60 juta kilometer per jam.

Mereka menemukan jaraknya lebih dari 400 tahun cahaya dari Bumi. Satu tahun cahaya setara dengan 9,65 triliun kilometer.

Meski para ahli belum mengetahui apa sebenarnya objek tersebut, mereka berspekulasi bahwa objek tersebut adalah bintang yang lebih besar dari planet.

Gabungan ilmuwan dari berbagai negara yang berpartisipasi dalam proyek 'Backyard Worlds: Planet 9' yang diselenggarakan NASA menjadi orang pertama yang melihat objek tersebut.

“Ketika saya pertama kali melihat betapa cepatnya pergerakannya, saya yakin hal itu pasti telah dilaporkan,” kata seorang ilmuwan Jerman, Martin Kabatnik yang telah lama terlibat dalam program tersebut dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, dua ilmuwan program Thomas P. Bickle dan Dan Caselden adalah orang pertama yang melihat objek tersebut beberapa tahun lalu sebelum dikatalogkan sebagai CWISE J124909.08+362116.0.

Proyek 'Backyard Worlds: Planet 9' adalah inisiatif yang melibatkan kolaborasi ilmuwan dan astronom amatir dari seluruh dunia untuk mencari objek-objek baru di langit, termasuk kemungkinan eksoplanet dan objek trans-Neptunian yang tersembunyi. Melalui proyek ini, para peserta memanfaatkan data dari survei langit seperti Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) untuk menemukan objek yang belum teridentifikasi sebelumnya.

Dalam konteks menemukan objek baru, termasuk yang mungkin terkait dengan "Planet 9" atau objek serupa, kolaborasi ini memungkinkan berbagai pihak untuk mengidentifikasi dan memverifikasi penemuan. Jadi, jika gabungan ilmuwan dari proyek ini menemukan objek baru, mereka akan menjadi orang pertama yang melaporkan penemuan tersebut berdasarkan data yang mereka teliti dan analisis yang mereka lakukan.

Secara keseluruhan, proyek seperti 'Backyard Worlds: Planet 9' mengandalkan kontribusi kolektif dari banyak individu, baik profesional maupun amatir, untuk memperluas pengetahuan kita tentang alam semesta.