Tukang Kayu Memainkan Peran Penting dalam Peradaban Mesopotamia

Kamis, 22 Agustus 2024 - 13:47 WIB
loading...
Tukang Kayu Memainkan...
Peradaban Mesopotamia. FOTO/ NG
A A A
BAGHDAD - Tukang kayu di Mesopotamia kuno memainkan peran penting. Mereka membangun struktur seperti rumah dan kuil, serta menciptakan barang-barang mewah yang dihiasi dengan ukiran rumit.



Bangsa Sumeria kuno berkembang ribuan tahun lalu diantara sungai Tigris dan Efrat, wilayah yang sekarang disebut Irak Selatan. Sejarawan Samuel Noah Kramer, menyebutkan bahwa Sumerua kuno membangun peradaban dengan teknologi yang mutakhir pada jamanya.

"Orang-orang Sumer memiliki bakat yang tidak biasa untuk penemuan teknologi," tulis Kramer dalam bukunya The Sumerians seperti dilansir dari National Geographic.

Bangsa Sumeria, yang kemudian disebut oleh orang Yunani sebagai Mesopotamia, menemukan teknologi baru dan menyempurnakan penggunaan skala besar yang sudah ada. Dalam prosesnya, mereka mengubah cara manusia mengolah makanan, membangun tempat tinggal, berkomunikasi dan melacak informasi dan waktu.

Meskipun wilayah ini dikenal dengan tanah yang tidak banyak memiliki hutan, para tukang kayu masih bisa menggunakan kayu yang diimpor dari daerah lain atau memanfaatkan jenis-jenis kayu lokal yang tersedia.

Tukang kayu terlibat dalam pembangunan berbagai struktur, termasuk rumah dan kuil. Mereka menciptakan elemen-elemen struktural seperti rangka atap dan pintu.

Rumah-rumah di Mesopotamia seringkali memiliki dinding dari tanah liat yang ditutupi dengan atap dari bahan-bahan seperti reed dan kayu.

Selain konstruksi, tukang kayu juga membuat berbagai barang mewah. Ini termasuk perabotan seperti kursi dan meja, serta benda-benda seni seperti ukiran dan relief yang menghiasi kuil-kuil dan istana. Barang-barang ini sering kali dihiasi dengan ukiran yang rumit dan simbol-simbol penting.

Teknik pengerjaan kayu di Mesopotamia melibatkan penggunaan alat-alat sederhana seperti gergaji, pahat, dan palu. Meski alat-alatnya mungkin tidak sekompleks alat modern, keterampilan tukang kayu dalam memanipulasi kayu sangat tinggi.

Tukang kayu memiliki peran penting dalam kehidupan sosial dan ekonomi. Mereka tidak hanya membuat barang-barang yang digunakan sehari-hari tetapi juga berkontribusi pada estetika dan status sosial masyarakat dengan karya-karya seni mereka.

Meski Mesopotamia dikenal dengan pencapaian teknologinya dalam bidang lain, tukang kayu juga berkontribusi pada inovasi dalam desain dan teknik pengerjaan. Mereka mengadaptasi dan mengembangkan metode untuk memaksimalkan penggunaan kayu dalam kondisi yang ada.

Keterampilan tukang kayu di Mesopotamia kuno mencerminkan kompleksitas dan kekayaan budaya serta teknologi mereka. Karya-karya mereka tidak hanya berfungsi sebagai barang sehari-hari tetapi juga sebagai simbol kekuatan dan prestise.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)