Observatorium Astronomi Zaman Nabi Musa Ditemukan, Wow Ini Kecanggihannya

Kamis, 29 Agustus 2024 - 18:54 WIB
loading...
Observatorium Astronomi...
Observatorium Astronomi zaman Firaun ditemukan. FOTO/ The New York Post
A A A
KAIRO - Ilmuwan Mesir menemukan observatorium astronomi pertama dan terbesar dengan panjang hampir setengah mil, yang berasal zaman Nabi Musa AS abad ke-6 SM

Arkeolog Dr. Hossam Ghanim mengklaim menemukan sebuah jam matahari dan benda-benda lainnya ditemukan di dalam sebuah bangunan yang dirancang dengan arsitektur miring untuk mengukur bayangan dan pergerakan matahari, menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir.

Ukiran yang menggambarkan matahari terbit dan terbenam selama tiga musim dalam setahun dan harta karun dari masa itu dan dinasti-dinasti terdahulu juga ditemukan.

Seperti dilansir dari Ancient-origins menyebut temuan ini sebagai penemuan yang signifikan.

Menara astronomi, yang dibuat “dengan lima blok batu kapur tingkat”, adalah bagian dari Kuil Buto, kompleks yang lebih besar yang ditemukan di Kafr Sheikh sebuah area sekitar 2½ jam di utara piramida besar Giza.

Menurut pejabat arkeologi Mesir Dr. Ayman Ashmawi.Ada pintu masuk samping khusus di sisi timur dan baratnya untuk melacak lintasan harian matahari dengan lebih baik, bersama dengan aula kolom tengah yang terbuka dalam bentuk huruf,

Aula melingkar lainnya memiliki balok batu di lantai bersama dengan dua balok lainnya untuk mengukur sudut matahari dan lima ruang satelit yang terbuat dari “batu bata susu” yang kemungkinan digunakan untuk penyimpanan peralatan.

Ada empat ruang tambahan yang terbuat dari bahan tersebut ditambah satu ruang kecil yang terbuat dari batu yang terakhir kemungkinan adalah observatorium itu sendiri.

Bagian depan lokasi tersebut menampilkan dinding bata bata susu yang besar dan tinggi yang condong ke dalam, yang membangkitkan gaya kaligrafi serupa yang terlihat di kuil-kuil kuno lainnya di kerajaan tersebut.

Yang juga digali adalah “aula yang relatif besar dengan tiga dinding yang ditutupi dengan batu tulis kuning”.

Benda itu berisi sisa-sisa lukisan biru beserta gambar dewa Firaun elang Horus, Osiris sang dewa kematian, ular terakota, dan lebih banyak karya seni dan perhiasan terkait, termasuk kalung.

Sebuah patung granit abu-abu yang berasal dari dinasti Saite, yang berkuasa dari tahun 664 hingga 332 SM, juga ditemukan di observatorium tersebut.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1677 seconds (0.1#10.140)