Jadi Santapan Hiu dan Buaya, Fosil Dugong Purba Ditemukan

Kamis, 29 Agustus 2024 - 23:28 WIB
loading...
Jadi Santapan Hiu dan...
Fosil Dugong Purba Ditemukan. FOTO/ DAILY
A A A
BOSTON - Penemuan fosil sapi laut purba ini memang memberikan gambaran yang menarik tentang ekosistem laut di masa lalu.



Seperti dilansir dari Scoience Alert, sapi laut atau dugong yang hidup sekitar 20 juta tahun lalu ini, meskipun menjadi mangsa predator seperti buaya dan hiu, memberikan wawasan penting tentang ekosistem laut zaman Miosen Awal hingga Tengah.

Fosil yang ditemukan di Venezuela mengungkapkan bagaimana rantai makanan laut saat itu bekerja, mirip dengan yang kita amati hari ini.

Dalam ekosistem laut purba ini, sapi laut yang besar dan mungkin merupakan mangsa buaya, kemudian menjadi makanan bagi hiu.

Temuan ini menunjukkan bahwa predator besar telah lama memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan ekosistem laut dengan memangsa hewan besar yang lebih lambat atau kurang waspada.

Penelitian ini juga menyoroti pentingnya catatan fosil dalam memahami dinamika ekosistem purba, terutama bagaimana predator berinteraksi dengan mangsa mereka.

Dalam hal ini, fosil sapi laut yang menunjukkan adanya bekas gigitan buaya dan hiu menjadi saksi bisu dari hubungan predator-mangsa yang telah ada selama puluhan juta tahun.

Penemuan ini juga menegaskan bahwa meskipun banyak yang berubah dalam evolusi dan struktur ekosistem laut, beberapa aspek dasar dari interaksi predator dan mangsa tetap konsisten selama jutaan tahun.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5035 seconds (0.1#10.140)