Mengapa Jepang Disebut Sarang UFO Nomor 1 Dunia?

Senin, 02 September 2024 - 08:00 WIB
loading...
A A A


"Saya memimpin Galileo Project di Harvard (pencarian ilmiah sistematis untuk bukti artefak teknologi extraterestrial). Kami mempertimbangkan apakah suatu objek terjadi secara alami seperti meteorit atau burung, atau jika itu buatan manusia seperti drone atau balon. Saya pikir itulah pendekatan yang harus diambil oleh badan-badan pemerintah ini," ujar Loeb.

Alasan Jepang menjadi pusat aktivitas UAP baru-baru ini, kemungkinan karena faktor psikologi manusia tentang histeria massal dan bias konfirmasi.

Penulis sains Center of Inquiry, sebuah organisasi yang berbasis di Amherst, New York, Mick West menyelidiki pseudosains. Ia meninjau klaim UAP Jepang di sekitar Fukushima dan mengaitkan laporan selama satu dekade ini dengan orang-orang yang mengamati daerah tersebut dan ingin ikut serta dalam fenomena UFO.

“Kami melihat banyak video dan laporan yang keluar dari Fukushima karena itu adalah lokasi terkenal dari bencana pembangkit listrik nuklir,” kata West, yang telah menganalisis ratusan penampakan UAP.

Terdapat banyak webcam 24/7 di sekitar pembangkit listrik. Ia pun menilai wajar jika ada lebih banyak mata yang melihat daerah tersebut, dan kemungkinan besar webcam tersebut kadang-kadang akan menangkap sesuatu yang tidak dapat diidentifikasi orang seperti burung atau pesawat.

Begitu publik melaporkan salah satu gambar atau video itu sebagai UFO, orang-orang mulai kembali mencari lebih banyak gambar dan video untuk dilaporkan sebagai UFO.

"Anda juga melihat kota seperti Kofu yang ingin membangun citra dirinya sebagai Roswell Jepang untuk meningkatkan pariwisata," kata West, membandingkan dengan kota kecil di New Mexico yang membangun ketenaran internasional dari laporan media tentang piring terbang yang jatuh pada tahun 1947.

Tampaknya mungkin mitos, legenda, dan tradisi naratif di Jepang bisa mendorong adanya laporan UAP. Joshua Frydman, Ph.D., seorang profesor bahasa Jepang di Universitas Oklahoma yang juga menulis The Japanese Myths: A Guide to Gods, Heroes and Spirits pada 2022 mengatakan kisah-kisah dasar dari era masa lalu dapat menginspirasi segalanya mulai dari tren budaya pop hingga agama baru hingga kegilaan terbaru—dan UAP bisa dengan mudah masuk ke dalam salah satu kategori tersebut.

Masalah Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Nasional


Mengingat pengumuman Parlemen Jepang pada awal musim panas tentang penyelidikan baru UAP membuat pembentukan AARO di Amerika, mungkin terlihat bahwa AS memberikan semacam tekanan kepada dunia internasional untuk menjadikan penyelidikan UAP sebagai upaya global.

Namun, Loeb percaya potensi ancaman dari negara-negara seperti Cina dan Korea Utara sebenarnya telah memaksa Jepang dan AS ke posisi ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)