Bukan Jet Pribadi, Ini Pesawat Airbus A330-900 yang Membawa Paus Fransiskus ke Indonesia

Selasa, 03 September 2024 - 16:15 WIB
loading...
Bukan Jet Pribadi, Ini...
Fasilitas pesawat Airbus A330-900 yang membawa Paus Fransiskus ke Indonesia menarik untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus, Pemimpin Takhta Suci Vatikan, akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Yang menarik, Paus tidak menggunakan jet pribadi untuk perjalanannya, melainkan memilih pesawat komersial dari maskapai asal Italia.

Paus Fransiskus terbang langsung dari Roma, Italia, ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Airbus A330-900 EI-HJS yang dioperasikan oleh ITA Airways, maskapai penerbangan nasional Italia. Pesawat komersial ini dipilih bukan hanya untuk kenyamanan, tetapi juga mencerminkan kerendahan hati Paus yang terkenal tidak suka dengan kemewahan berlebihan.

"Pilihan Paus Fransiskus untuk menggunakan pesawat komersial daripada jet pribadi menunjukkan sikapnya yang rendah hati dan sederhana," ujar Anthonius Gregorius, Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus saat dihubungi SINDOnews, Selasa (3/9/2024).

Airbus A330-900 yang digunakan Paus Fransiskus memiliki kapasitas 291 penumpang, dengan konfigurasi 30 kursi di kelas bisnis, 24 kursi di kelas premium ekonomi, dan 237 kursi di kelas ekonomi.

Pesawat ini didukung oleh mesin Rolls-Royce Trent 7000-72 yang memungkinkan kecepatan maksimal hingga 918 km/jam dan jarak tempuh hingga 13.334 kilometer dalam satu kali penerbangan.

Kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Kunjungan ini bertujuan untuk mempromosikan keberagaman agama di Indonesia, sebuah langkah yang sejalan dengan visi Paus untuk menciptakan perdamaian dan harmoni di dunia.


Menariknya, kabar beredar bahwa setelah kunjungannya di Indonesia, Paus Fransiskus mungkin akan melanjutkan perjalanan dengan maskapai nasional Garuda Indonesia, menggunakan pesawat Boeing 737 atau A330. Namun, rincian lebih lanjut mengenai penerbangan berikutnya masih belum dikonfirmasi.

Perjalanan Paus Fransiskus dengan pesawat komersial ini semakin memperkuat citra beliau sebagai pemimpin yang sederhana dan dekat dengan umatnya diseluruhdunia.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)