Palianytsia, Senjata Misterius Ukraina yang Bikin Rusia Kelabakan

Senin, 09 September 2024 - 06:39 WIB
loading...
A A A
Trent Telenko, ahli militer Amerika, mendukung estimasi ini. Dia meyakini harga drone bertenaga jet Ukraina ini berada dalam kisaran USD100.000-USD300.000.

Ahli penerbangan dan pendiri teknologi militer Anatoliy Khrapchynskyi menyebut mesin turbojet Palianytsia menawarkan kecepatan dan ketinggian yang jauh lebih tinggi, memungkinkan drone menembus pertahanan udara musuh dengan kecepatan tinggi dan menyerang target jauh di dalam wilayah musuh.

Kemajuan ini memungkinkan drone yang relatif kecil beroperasi pada kecepatan dan jangkauan yang sebelumnya diasosiasikan dengan pesawat atau rudal yang lebih besar. "Kecepatan tinggi Palianytsia sangat penting. Rusia semakin sering menggunakan senjata kecil melawan serangan drone Ukraina, jadi semakin cepat drone turbojet, semakin efektif drone tersebut," kata Khrapchynskyi.



Ia juga akan mampu menghindari helikopter yang digunakan Rusia melawan drone Ukraina. Helikopter dengan kecepatan maksimum 300 km/jam tidak akan mampu menembak jatuh target yang bergerak dengan kecepatan 500 km/jam.

Dalam mengembangkan Palianytsia, Ukraina menciptakan senjata yang kuat menggunakan solusi murah. Serangan drone Ukraina biasanya jarang mengakibatkan penghancuran pesawat militer Rusia karena Rusia berhasil menerbangkan pesawat keluar dari bahaya sebelum drone yang lambat dengan kecepatan 150-180 km/jam tiba.

Namun, drone Palianytsia masih berhasil menghancurkan depot bahan bakar dan amunisi, serta infrastruktur lapangan udara. Selain itu, pesawat Rusia dipaksa pindah ke lapangan udara yang lebih jauh, yang mengakibatkan lebih sedikit sortis dan peluncuran bom melayang.

Palianytsia, dengan kecepatan teoritis minimal 500 km/jam, lebih cepat, memiliki muatan lebih besar, dan mungkin memungkinkan lebih banyak kerusakan. Rusia tidak mungkin mengevakuasi semua jet dalam waktu 20-30 menit sebelum kedatangan drone. Harganya lebih murah daripada rudal jelajah, yang harganya mulai dari USD3 juta. Akan lebih mudah dan cepat untuk meluncurkan produksi massal.

“Kamu memenangkan waktu, dan waktu sangat penting bagi kami. Semakin cepat kita menyerang Rusia, semakin cepat kita akan mendapatkan izin untuk menyerang dengan senjata asing,” kata Kostiantyn Kryvolap.

Kini pengembang Ukraina terus bekerja untuk meningkatkan kapasitas muatan senjata drone Palianytsia dari 60-70 kg menjadi 100 kg. Jika mereka berhasil meningkatkan kapasitas ini menjadi 150 kg, Ukraina akan membuka potensi untuk menggunakan persediaan bom FAB era Soviet – FAB-150, yang memiliki muatan 50-60 kg.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1518 seconds (0.1#10.140)