Kerak Bumi Terdeteksi Terus-menerus Menurun, Ini Dampaknya

Senin, 23 September 2024 - 13:34 WIB
Kerak Bumi Terdeteksi...
Kerak Bumi. Wion News
TORONTO - Ilmuwan Bumi di Universitas Toronto memvonis kerak bumi terus-menerus menurun di bawah Cekungan Konya di Dataran Tinggi Anatolia Tengah Turki selama jutaan tahun.

Para peneliti mengatakan bahwa simulasi eksperimental yang dikombinasikan dengan data geofisika, geodetik, dan geologi menjelaskan bahwa dasarnya telah mengalami penurunan misterius di dalam dataran tinggi yang menanjak.

Pengamatan ini selanjutnya mengisyaratkan keberadaan kelas baru lempeng tektonik yang memiliki implikasi bagi planet lain yang tidak memiliki lempeng seperti Bumi, seperti Mars dan Venus.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Nature Communications, dijelaskan bahwa kawasan tersebut telah menghadapi penurunan karena adanya tetesan litosfer multi-tahap yang merupakan fenomena ketidakstabilan material berbatu yang membentuk kerak dan mantel atas Bumi.

Bentuk lahan utama seperti cekungan dan pegunungan terbentuk di permukaan setelah pecahan batuan padat terlepas dari permukaan dan tenggelam ke lapisan mantel planet yang lebih cair.

"Dengan melihat data satelit, kami mengamati fitur melingkar di Cekungan Konya, tempat kerak bumi mengalami penurunan atau cekungan semakin dalam," kata penulis utama Julia Andersen, yang merupakan kandidat PhD di Departemen Ilmu Bumi Universitas Toronto di Fakultas Seni & Sains, dalam penelitian tersebut.

"Hal ini mendorong kami untuk melihat data geofisika lain di bawah permukaan, di mana kami melihat anomali seismik di mantel atas dan kerak yang menebal, yang memberi tahu kami bahwa ada material berdensitas tinggi di sana dan mengindikasikan kemungkinan adanya tetesan litosfer mantel," tambahnya.

Berbicara tentang mantel Bumi, rekan penulis studi dan seorang profesor di Departemen Ilmu Bumi Russell Pysklywec mengatakan, "Ketika litosfer menebal dan menetes di bawah wilayah tersebut, terbentuklah cekungan di permukaan yang kemudian menyembul ketika beban di bawahnya terlepas dan tenggelam ke kedalaman mantel yang lebih dalam."

"Kita sekarang melihat bahwa proses ini bukanlah peristiwa tektonik satu kali dan bahwa tetesan awal tampaknya telah memicu peristiwa-peristiwa turunan berikutnya di tempat lain di wilayah tersebut, yang mengakibatkan penurunan cepat yang aneh di Cekungan Konya di dalam dataran tinggi Turki yang terus menanjak," tambahnya.

Andersen lebih lanjut menyatakan bahwa penemuan baru tersebut mengisyaratkan adanya hubungan antara peristiwa pembentukan cekungan dan pengangkatan dataran tinggi. "Pada dasarnya, penurunan tanah terjadi bersamaan dengan pengangkatan dataran tinggi yang sedang berlangsung," katanya.