Danau-danau Kering Bermunculan, Bukti Bumi Bocor Tak Terbantahkan

Jum'at, 26 November 2021 - 21:12 WIB
loading...
Danau-danau Kering Bermunculan, Bukti Bumi Bocor Tak Terbantahkan
Danau-danau kering bermunculan di beberapa negara di Timur Tengah. FOTO/ IST
KAIRO - Danau-danau kering bermunculan di beberapa negara menunjukkan bukti kuat kalau bumi sudah bocor. Danau- danau kering di wilayah Timur Tengah berada di garis depan krisis iklim global dengan suhu yang sering melampaui batas 50 derajat celsius di beberapa bagian.

Suhu tinggi dikombinasikan dengan kekeringan dan pola curah hujan yang tidak menentu.

BACA JUGA - Bumi Bocor! Air Danau Terbesar di Turki Menghilang

Danau-danau di wilayah itu telah menyusut karena dampak gabungan dari aliran masuk yang rendah dan penguapan di permukaan.



Dengan meningkatnya populasi di Timur Tengah dan permintaan akan air bersih dan sumber makanan yang terus meningkat, nasib danau di kawasan itu bisa memiliki konsekuensi yang dramatis.

Berikut danau-danau kering di Timur Tengah yang kini menjadi ladang tandus, seperti dilansir dari Middle East Eye di bawah ini:

1. Danau Urmia, Iran

Danau Urmia yang terletak di Iran pernah menjadi danau terbesar di Timur Tengah. Kini, sebagian besar danau telah berubah menjadi dataran garam. Dulu Danau Urmia sempat menjadi wisata favorit di Iran. Namun, sekarang hanya tinggal kenangan. Bangunan dan perahu yang rusah mengelilingi danau yang sebagian besar telah mongering.

Menurut pejabat Iran, ukuran danau telah berkurang setengahnya sejak tahun 1990 dengan perubahan iklim yang berkontribusi pada menyusutnya cekungan air dan meningkatnya salinitas air yang tersisa. Kadar garam yang tinggi telah membuat tanah di sekitar danau tidak layak untuk produksi pertanian.
halaman ke-1
KOMENTAR ANDA