Misteri Gunung Bertelur di China, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kamis, 26 September 2024 - 10:00 WIB
loading...
A A A
Saat gunung semakin terkikis, telur batu dapat mulai muncul di sepanjang jalur yang secara teratur diikuti oleh penduduk lokal Shui dan wisatawan yang berkeliling di wilayah tersebut untuk mendapatkannya. Jika ini terjadi, perjalanan bagi manusia dan hewan beban dapat menjadi jauh lebih sulit dan pengaturan mungkin harus dilakukan untuk mengeluarkan telur yang terlihat dengan tangan atau menghaluskannya.

Seiring waktu, lereng gunung akan aus, dan lebih banyak telur batu akan muncul di tebing dan jatuh ke tanah. Selain itu, telur-telur tersebut dapat mulai muncul di puncak gunung saat terkikis oleh aktivitas kaki.

Ahli geologi tidak yakin berapa banyak telur yang masih ada di gunung, tetapi secara teoritis, telur-telur tersebut dapat ditemukan di seluruh gunung jika wilayah tersebut mengandung cukup silikon dioksida selama periode Kambrium. Pada akhirnya, tidak akan ada yang tahu sampai gunung kehabisan telur batu-jika memang demikian.

Selama beberapa ribu tahun ke depan, gunung tersebut akan terus terkikis menjadi tanah, meninggalkan telur-telur ini. Jika tidak lagi dikumpulkan, telur-telur tersebut akan berada di tanah lalu rusak dan membentuk sedimen yang nantinya akan membentuk bangunan batuan sedimen baru.

Meskipun Gunung Gandang adalah lokasi pertama yang diidentifikasi memiliki telur batu, lokasi lain mungkin ditemukan terjadi di wilayah pegunungan yang belum dijelajahi. Ada juga kemungkinan gunung-gunung di masa depan akan memiliki lebih banyak telur batu ini. Saat ini lautan kita mengandung 30 ppb atau bagian per miliar silikon dioksida, dan kerak bumi terbuat dari 59% silikon dioksida.

Mengingat jumlah silikon yang besar yang masih ada di bumi dan di lautan, sangat mungkin telur-telur baru dapat ditemukan di gunung-gunung masa depan beberapa juta tahun dari sekarang.

Gunung penghasil telur Gulu Zhai tetap menjadi misteri yang menarik, menampilkan interaksi yang menarik antara geologi dan warisan budaya. Seiring ilmu pengetahuan terus mempelajari fenomena ini, legenda telur batu tetap bertahan, menarik pengunjung yang penasaran dari seluruh dunia.
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0784 seconds (0.1#10.140)