Perang Dunia 1 Bukan Terjadi pada Tahun1914 tetapi 1250 SM, Ini Buktinya

Kamis, 26 September 2024 - 23:27 WIB
loading...
Perang Dunia 1 Bukan...
Perang Dunia 1 pada 1250 SM. Wion News
A A A
BAGHDAD - Buku-buku sejarah memberi tahu kita bahwa Perang Dunia Pertama dimulai pada tahun 1914 dan berlangsung hingga tahun 1918.

BACA JUGA - 5 Keunggulan Drone Kamikaze TDR-1 yang Digunakan pada Perang Dunia II

Namun, bagaimana jika ini bukan perang pertama yang terjadi di Bumi? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perang pertama yang terjadi dalam skala besar seperti itu terjadi sekitar 32 abad yang lalu.

Perang ini melibatkan serangkaian konflik di sebagian besar wilayah Eropa, Mediterania, Afrika Utara, dan Timur Tengah. Dua pasukan kuat dari dua bagian Eropa yang berbeda terlibat dalam pertempuran di sebelah selatan Laut Baltik.

Setidaknya 400 mil daratan memisahkan rumah mereka - satu di antaranya berasal dari Bavaria (sekarang Republik Ceko) dan satu lagi di utara dari wilayah yang sekarang menjadi Jerman timur laut.

Lebih dari 2.000 tentara bertempur dalam perang epik yang dipicu oleh serangkaian konflik dan krisis. Terjadi kekacauan di beberapa bagian dunia dan semuanya, dari Skandinavia hingga Sahara dan dari Eropa Barat hingga Irak saat ini, terkena dampaknya.

Temuan baru ini telah dipublikasikan di jurnal akademis berbasis di Inggris, Antiquity. Pertempuran itu terjadi di lembah Sungai Tollense sekitar tahun 1250 SM.

Periode ini penuh dengan kekacauan politik dengan beberapa kerajaan besar mengalami kehancuran.

Ini termasuk jatuhnya peradaban Yunani besar pertama (Mycenaean) sekitar tahun 1230 SM, runtuhnya kekaisaran Het di Timur Tengah pada tahun 1190-an SM, melemahnya Mesir kuno sekitar tahun 1180 SM, dan kemunduran Babilonia pada tahun 1155 SM.

Ini juga merupakan saat keruntuhan terakhir peradaban Lembah Indus pada abad ke-13 SM. Pusat-pusat politik utama di Rumania, Hungaria, dan Serbia utara juga mengalami kemerosotan pada abad ke-12.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)