Ilmuwan Temukan Dunia Lain di Dasar Laut Kutub Utara

Kamis, 10 Oktober 2024 - 09:31 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Dunia...
Struktur aneh di dasar laut antartika. FOTO/ WION NEWS
A A A
ALASKA - Sekelompok ilmuwan temukan beberapa struktur bawah laut misterius di dasar laut daerah terpencil di Kutub Utara.



Tim peneliti internasional menemukan berbagai macam formasi yang lebih besar dari lapangan sepak bola.

Sebelumnya, para ahli telah menemukan banyak kawah menganga yang terisi es dan sedimen dan diyakini terbentuk karena lapisan es purba yang berada di bawah gelombang.

Menurut laporan yang diterbitkan di IFL Science, antara tahun 2010 dan 2022, total 65 kawah yang baru terbentuk ditemukan oleh para ilmuwan, yang terbesar dikatakan seukuran satu blok kota dan menampilkan bangunan enam lantai.

Tim tersebut dipimpin oleh Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI). Mereka sebelumnya menduga bahwa lapisan es abadi menyebar di area tersebut pada tahap terakhir zaman es sekitar 11.000 tahun yang lalu.

Seperti dilansir dari Wion News, akan tetapi, ketika permukaan air laut naik, lapisan es purba di landas Arktik pun tertutup.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mengambil bantuan robot bawah air untuk mengumpulkan sampel dari dalam kawah dasar laut yang baru terbentuk.

Ketika es dianalisis, ditemukan bahwa es terbentuk dalam kondisi masa kini.

Para ilmuwan menemukan bahwa es terbentuk ketika lapisan terdalam dari permafrost kuno mulai mencair di bawah laut dan menciptakan air tanah payau (sedikit asin) yang naik dan tenggelam lagi hanya untuk membeku lagi di dasar laut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)