Gerhana Bulan Supermoon Terbesar akan Terjadi pada 17 Oktober Ini

Kamis, 10 Oktober 2024 - 13:26 WIB
loading...
Gerhana Bulan Supermoon...
Supermoon Terbesar akan Terjadi pada 17 Oktober Ini. FOTO/ FOX NEWS
A A A
WAHYU BUDI SANTOSO - Supermoon terbesar tahun ini, Hunter's Moon, akan muncul di langit minggu depan. Para astronom akan melihat tiga supermoon berturut-turut tahun ini, tetapi supermoon pada Oktober ini akan menjadi yang istimewa.



Seperti dilansir dari Daily Mail, gerhana bulan ini akan menjadi satu-satunya fenomena alam yang akan dekat dengan Bumi pada tahun 2024, membuatnya tampak sangat besar.

Supermoon ini akan terjadi pada tanggal 17 Oktober dan mencapai titik terpenuhnya hanya beberapa jam setelah mencapai titik terdekatnya. Bulan akan berada pada jarak 220.055 mil dari Bumi pada hari ini.

Menurut NASA, Bulan Pemburu akan mencapai puncak k pada pukul 18.13 ET di Amerika Serikat dan di India pada pukul 16.56. .

Sayangnya, bulan purnama tidak akan bertahan lama karena akan memasuki fase bulan terakhirnya pada tanggal 24 Oktober.

Menurut EarthSky, fenomena selanjutnya Anda harus menunggu hingga tahun 2039 untuk melihat bulan purnama berikutnya pada Halloween.

Menurut Old Farmer's Almanac, bulan purnama pada Halloween jarang terjadi, dan terjadi sekali setiap 18-19 tahun sekali. Terakhir kali terjadi adalah pada tahun 2020.

Bulan Purnama dinamai berdasarkan kejadian-kejadian khusus selama waktu itu. Nama Hunter's Moon dikaitkan dengan suku asli Amerika Algonquin.

Di banyak daerah, ini adalah waktu ketika orang-orang menimbun daging untuk menghadapi musim dingin yang akan datang, dan karena itulah namanya Hunter's Moon.

Hunter's Moon terjadi setelah Harvest Moon, yang terjadi sekitar ekuinoks musim gugur. Menurut Old Farmer's Almanac, fenomena ini juga dikenal sebagai Corn Ripe Moon, Falling Leaves Moon.

Nama lain yang dikaitkan dengan suku asli Amerika adalah Drying Rice Moon, Freezing Moon, dan Migrating Moon.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)