Ilmuwan Berhasil Ciptakan Pil Ajaib, Manfaatnya Setara Lari 10 Km

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:53 WIB

Di sinilah peran LaKe, karena pilnya mengandung laktat dan keton tanpa bahan tambahan yang berbahaya. "Kami kini telah menciptakan sebuah molekul yang memungkinkan kami mengontrol jumlah laktat dan keton secara artifisial dengan aman,” ujar Prof Poulsen.

Sejauh ini, pil tersebut hanya diuji pada tikus. Namun, uji klinis pertama pada manusia kini sedang dilakukan di Rumah Sakit Universitas Aarhus. Menurut Prof Poulsen, uji coba ini dapat membuka jalan bagi molekul tersebut untuk menjadi suplemen nutrisi jika berhasil.

Para ilmuwan di balik penelitian ini yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah: Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan, orang yang tidak bisa mengikuti olahraga ketat dan rencana diet mungkin akan merasakan manfaatnya.

Dr Thomas Poulsen, ahli kimia di Universitas Aarhus yang juga memimpin penelitian tersebut, mengatakan, pada dasarnya, sulit mempertahankan motivasi untuk berlari beberapa kilometer dengan kecepatan tinggi tanpa banyak makan. “Bagi orang-orang dengan penyakit fisik, seperti lemah jantung atau kelemahan umum, suplemen nutrisi dapat menjadi kunci pemulihan yang lebih baik,” katanya.

Menurut para peneliti, LaKe juga berpotensi meringankan kesulitan konsentrasi dan bahkan dapat digunakan dalam pengobatan penyakit serius seperti Parkinson dan demensia.

Penyakit-penyakit ini seringkali ditandai dengan rendahnya tingkat energi di otak sehingga menghambat fungsi optimalnya. "Karena laktat dapat mengambil alih peran glukosa di otak dalam kondisi stres atau traumatis, terdapat eksperimen untuk meningkatkan kadar laktat pada orang yang mengalami gegar otak,” tutur Prof Poulsen.

“Pasien yang tidak dapat melakukan olahraga berat akan mendapat manfaat besar dari obat yang dapat meningkatkan level tersebut,” tuturnya.