Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba

Senin, 28 Maret 2022 - 22:30 WIB
loading...
Sejarah Senjata di Zaman Manusia Purba
Senjata manusia purba. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perkembangan senjata modern terlihat sangat pesat dan canggih. Perlu diingat bahwa senjata sudah berkembang sejak ribuan tahun lalu dan digunakan oleh manusia purba.

Selain sebagai alat pertahanan diri, senjata-senjata tersebut juga digunakan untuk berburu, memotong tanaman hingga memahat.

BACA JUGA - Wacana Kepemilikan Senjata Api, Psikolog: Harus Ditolak

Berikut 5 senjata yang ada di zaman manusia purba.

1 Senjata Kapak Genggam

Kapak genggam merupakan salah satu senjata yang banyak digunakan oleh manusia purba di masa pleistosen tengah. Melansir buku ‘Pengetahuan Prasejarah: Budaya Manusia Purba Sangiran’, kapak genggam adalah alat yang terbuat dari batu dengan pemangkasan dan penajaman pada kedua permukaannya.

Dengan pemangkasan dan penajaman itu, terciptalah bentuk yang simetris, lonjong, dan cenderung runcing di bagian ujungnya.

Kapak genggam yang terbuat dari batu andesit ditemukan di Pacitan. Wilayah yang juga menjadi lokasi ditemukannya kapak genggam adalah Sukabumi, Lahat, dan Gombong.

Informasi lain yang didapat dari penelitian bertajuk ‘Asal Muasal Indonesia: Periodesasi Kehidupan Awal di Indonesia’, kapak genggam biasa digunakan untuk mengambil ubi, menguliti binatang, dan memotong.

2. Senjata Kapak Persegi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3070 seconds (10.177#12.26)