Mamalia Rawa Ini Hidup Berdampingan dengan Dinosaurus

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 05:58 WIB
Mamalia Rawa Ini Hidup...
Zaman dinosaurus. FOTO/ IFL Science
JAKARTA - Dalam penelitian baru, para ahli paleontologi menemukan mamalia penghuni rawa Colorado yang hidup bersama dengan dinosaurus.

Fosil mamalia baru, yang ukurannya hampir sebesar muskrat, ditemukan oleh tim paleontologi saat mereka berlarian melewati rawa-rawa pada Zaman Dinosaurus.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Jaelyn Eberle dari Universitas Colorado Boulder, menerbitkan temuan tersebut dalam jurnal PLOS ONE pada tanggal 23 Oktober.

Penemuan itu diidentifikasi dari sepotong tulang rahang dan tiga gigi geraham oleh Eberle dan rekan-rekannya dan diberi nama Heleocola piceanus.

Menurut para peneliti, hewan itu ada di Colorado sekitar 70 hingga 75 juta tahun yang lalu dan pada masa itu, sebagian besar wilayah Amerika Bagian Barat ditutupi oleh laut pedalaman yang luas.

"Colorado adalah tempat yang bagus untuk menemukan fosil, tetapi mamalia dari periode waktu ini cenderung cukup langka," kata Eberle, yang merupakan kurator fosil vertebrata di Museum Sejarah Alam CU dan profesor di Departemen Ilmu Geologi.

"Jadi sungguh mengagumkan melihat potongan waktu ini dilestarikan di Colorado," tambahnya.

Dibandingkan dengan dinosaurus yang lebih besar seperti nenek moyang bertanduk Triceratops atau tyrannosaurus, fosil baru yang ditemukan di Colorado itu sangat kecil dan tidak penting. Eberle mengatakan bahwa fosil itu relatif besar untuk mamalia pada saat itu.

Eberle lebih lanjut mengungkapkan kebahagiaannya bahwa kota Rangely, yang dekat dengan Monumen Nasional Dinosaurus, mendapatkan haknya.

"Kota ini kecil, tetapi, menurut pengalaman saya sebagai paleontolog, banyak hal menarik yang muncul dari lingkungan pedesaan. Senang melihat Colorado bagian barat memiliki penemuan yang menarik," kata Eberle.

Selama hampir 15 tahun, paleontologi dan rekan penulis studi baru John Foster dan ReBecca Hunt-Foster telah mengunjungi bagian negara bagian ini untuk menggali fosil setiap musim panas.

"Wilayah itu mungkin tampak seperti Louisiana," jelas ReBecca Hunt-Foster, seorang paleontolog di Monumen Nasional Dinosaurus di Utah dan Colorado bagian barat. "Kami melihat banyak hewan yang hidup bahagia di air seperti hiu, pari, dan ikan gitar," tambahnya.

John Foster mengingat bahwa ia pertama kali melihat sedikit rahang mamalia yang tersembunyi di bawah lempengan batu pasir yang ia temukan di situs tersebut pada tahun 2016. Ukuran fosil tersebut sekitar satu inci panjangnya.

"Saya berkata, 'Astaga, itu besar sekali,'" kata Foster, seorang ilmuwan di Utah Field House of Natural History State Park Museum di Vernal, Utah.