Riset: Bakteri Super Ancam Nyawa 40 Juta Orang di Dunia

Jum'at, 25 Oktober 2024 - 21:58 WIB
Riset: Bakteri Super...
Bakteri Super . FOTO/ WION NEWS
LONDON - Sebuah studi yang diterbitkan di The Lancet memperingatkan bahwa bakteri super resistansi antimikroba (AMR) bisa picu kematian 40 juta orang, dalam 25 tahun ke depan.

Para ilmuwan yang memimpin penelitian ini telah memperingatkan bahwa langkah-langkah harus diambil untuk mencegah hasil yang suram ini.

Menurut AFP, penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet menandai upaya pertama untuk memprediksi konsekuensi dari bakteri super, suatu kekhawatiran yang berkembang bagi kesehatan global.

Penelitian tersebut menemukan bahwa antara tahun 1990 dan 2021, lebih dari satu juta orang meninggal setiap tahun akibat bakteri super meskipun kemajuan medis telah menurunkan angka kematian anak di bawah lima tahun hingga lebih dari 50 persen dalam tiga dekade terakhir.

Meskipun kemajuan membantu mencegah dan mengendalikan infeksi, bakteri super terus menimbulkan tantangan karena menjadi semakin resistan, sehingga lebih sulit diobati dibandingkan dengan masa lalu.

Dalam tiga puluh tahun terakhir, jumlah kematian di antara individu di atas usia 70 tahun telah meningkat lebih dari 80 persen, sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya kerentanan populasi lanjut usia terhadap infeksi.

Yang perlu diperhatikan, jumlah kematian akibat infeksi MRSA sejenis infeksi staph telah meningkat dua kali lipat menjadi 130.000 pada tahun 2021 dibandingkan tiga dekade lalu.

Para peneliti memperkirakan bahwa jumlah orang yang mungkin meninggal secara langsung akibat AMR atau bakteri super dapat meningkat hingga 67 persen hingga mencapai hampir dua juta per tahun pada tahun 2050.

Selain itu, diproyeksikan bahwa AMR akan berkontribusi terhadap 8,2 juta kematian setiap tahun—peningkatan 75 persen dibandingkan statistik saat ini.

Ini berarti bakteri yang resistan terhadap AM dapat menyebabkan 39 juta kematian dan berperan dalam total 169 juta kematian dalam 25 tahun.

Studi tersebut mengusulkan bahwa dengan meningkatkan inisiatif untuk meningkatkan pengelolaan infeksi dan memastikan aksesibilitas terhadap pengobatan antimikroba yang efisien, kita berpotensi menyelamatkan hingga 92 juta jiwa pada tahun 2050.

"Temuan ini menyoroti bahwa AMR telah menjadi ancaman kesehatan global yang signifikan selama beberapa dekade dan ancaman ini terus berkembang," kata Mohsen Naghavi, salah satu penulis studi di Institute for Health Metrics.