Virus Corona Makin Berbahaya, Potong Serat Otot Jantung Jadi Potongan Kecil

Senin, 14 September 2020 - 18:46 WIB
loading...
Virus Corona Makin Berbahaya, Potong Serat Otot Jantung Jadi Potongan Kecil
Ketika para ilmuwan mencampurkan virus Corona baru dengan sel jantung di laboratorium, virus itu tampak mengukir atau memotong serat otot jantung menjadi fragmen kecil-kecil. Di sebelah kiri, gambar sel otot jantung yang sehat, yang memiliki serat panjang
JAKARTA - Studi terbaru menemukan fakta bahwa virus Corona baru telah memiliki kemampuan mengiris atau memotong serat otot jantung menjadi fragmen kecil -setidaknya ketika menginfeksi sel jantung di laboratorium. Temuan ini memperlihat kian ganasnya virus tersebut. (Baca juga: Bus Sekolah Tak Terpakai Disulap Jadi Hotel Berjalan )

Pemotongan serat otot ini, yang dapat merusak sel-sel jantung secara permanen, cukup menakutkan. Tetapi para peneliti menemukan bukti bahwa proses serupa juga dapat terjadi di hati pasien COVID-19.

Namun, temuan baru, yang dipublikasikan ke database pracetak bioRXiv pada 25 Agustus itu belum dipublikasikan dalam jurnal peer-review, atau terbukti terjadi pada manusia.

Penemuan ini tidak seperti apa pun yang pernah dilihat para peneliti sebelumnya -tidak ada penyakit lain yang diketahui memengaruhi sel jantung terpotong dengan cara ini. "Apa yang kami lihat benar-benar tidak normal," kata rekan penulis studi Todd McDevitt, peneliti senior di Gladstone Institutes, sebuah organisasi penelitian nirlaba di San Francisco, seperti dikutip Live Science.



Penemuan baru ini dapat menjelaskan bagaimana COVID-19 menyebabkan kerusakan pada jantung. Penelitian sebelumnya menemukan tanda-tanda kelainan jantung pada pasien COVID-19, termasuk radang otot jantung, bahkan pada kasus yang tergolong ringan.

Untuk studi baru, para peneliti menggunakan sel punca khusus untuk membuat tiga jenis sel jantung, yang dikenal sebagai kardiomiosit, fibroblas jantung, dan sel endotel. Di laboratorium, sel-sel ini kemudian terpapar SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19.

Dari ketiga jenis sel tersebut, SARS-CoV-2 dapat menginfeksi dan membuat salinan dirinya hanya di dalam kardiomiosit, atau sel otot jantung.



Kardiomiosit mengandung serat otot yang terdiri dari unit-unit yang disebut sarkomer, yang penting untuk kontraksi otot yang menghasilkan detak jantung. Sarkomer ini biasanya berbaris ke arah yang sama untuk membentuk filamen panjang. Tetapi studi laboratorium mengungkapkan sesuatu yang aneh -filamen sarkomer dipotong menjadi fragmen kecil.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA