Peneliti: Ada Kemungkinan COVID-19 Menjelma Jadi Virus Musiman

Rabu, 16 September 2020 - 14:30 WIB
loading...
Peneliti: Ada Kemungkinan COVID-19 Menjelma Jadi Virus Musiman
Virus COVID-19 akan bertahan dan terus menyebabkan wabah sepanjang tahun sampai ada kekebalan kawanan tercapai. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - COVID-19 pada akhirnya dapat menjadi penyakit musiman seperti flu. Dengan catatan, ketika populasi mencapai kekebalan kawanan, yang berarti cukup banyak orang yang kebal untuk mencegah penyebaran yang konstan. (Baca juga: JK Rowling Kritik Transgender di Buku Barunya, #RIPJKRowling Jadi Trending )

Tetapi hingga saat itu terjadi, tulis sebuah laporan penelitian, COVID-19 kemungkinan akan menyebar sepanjang tahun. Hal ini merujuk sebuah temuan yang menyoroti pentingnya mengikuti langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk mengendalikan virus, seperti ditulis Live Science berdasarkan ulasan yang diterbitkan Selasa (15 September) di jurnal Frontiers in Public Health.

"COVID-19 akan bertahan dan akan terus menyebabkan wabah sepanjang tahun sampai kekebalan kawanan tercapai," kata Penulis Senior Studi Hassan Zaraket, Asisten Profesor Virologi di American University of Beirut di Lebanon, dalam sebuah pernyataan.

Oleh karena itu, masyarakat perlu belajar untuk menghadapinya dan terus mempraktikkan tindakan pencegahan terbaik. Antara lain, pemakaian masker, menjaga jarak fisik, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari pertemuan.

Apa yang Membuat Virus Bersifat Musiman?
Banyak virus tampaknya mengikuti pola musiman - misalnya, di daerah beriklim sedang, kasus flu biasanya memuncak pada musim dingin dan berkurang selama bulan-bulan musim panas. Hal yang sama berlaku untuk jenis virus korona tertentu yang menyebabkan flu biasa.

Para ilmuwan tidak tahu pasti mengapa virus ini mengikuti pola musiman, tapi sejumlah faktor diduga berperan. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa banyak virus pernapasan lebih stabil dan bertahan di udara lebih lama di lingkungan dengan suhu dingin dan kelembapan rendah, kata penulis.

Perilaku manusia, seperti berkumpul di dalam ruangan pada musim dingin, juga dapat meningkatkan penularan.

Studi awal tentang SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, juga menunjukkan bahwa penularan virus dapat meningkat pada suhu yang lebih dingin dan penurunan suhu yang lebih hangat.

Tetapi dengan penyakit menular apa pun, agar kasusnya menurun, faktor yang dikenal sebagai "angka reproduksi dasar" (R0, diucapkan R-nihil), atau jumlah rata-rata orang yang tertular virus dari satu orang yang terinfeksi, perlu turun di bawah 1.

R0 untuk COVID-19 tampaknya relatif tinggi, dengan banyak ilmuwan memperkirakan nilai antara 2 dan 3 dibandingkan sekitar 1,3 untuk flu, kata penulis. R0 tinggi COVID-19 mungkin disebabkan, sebagian, karena tidak adanya kekebalan yang sudah ada sebelumnya terhadap penyakit di sebagian besar populasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5243 seconds (0.1#10.140)