Menguak Rencana Besar Angkatan Luar Angkasa AS Menguasai Bulan

Jum'at, 18 September 2020 - 13:14 WIB
loading...
A A A
Berbicara secara pribadi, Burbach mengatakan, pada prinsipnya, pesawat luar angkasa di ruang cislunar dapat memengaruhi banyak satelit di orbit Bumi yang lebih rendah, atau relevan dengan operasi militer di Bumi. Jadi kehadiran lebih banyak pesawat luar angkasa non-AS di wilayah itu adalah perubahan, meskipun kecil.

"Secara organisasional, inti dari pembuatan layanan terpisah (Angkatan Luar Angkasa) adalah untuk menempa budaya yang berpusat pada ruang angkasa, dan wajar jika organisasi baru ingin mengambil langkah untuk membedakan dirinya dari induknya dan untuk menunjukkan bahwa ia aktif mengambil misi baru, dan sebagai akibatnya, membutuhkan sumber daya baru," papar Burbach.

Mengingat peningkatan berbagai aktivitas cislunar oleh berbagai negara, tidak mengherankan bahwa organisasi militer ingin mengetahui apa yang terjadi di wilayah yang berpotensi relevan dengan misi mereka.

Burbach percaya, secara institusional, fokus utama Angkatan Luar Angkasa AS adalah mendapatkan "kesadaran domain luar angkasa" yang lebih baik di luar GEO -mampu melacak, dan mungkin mendengarkan, pesawat luar angkasa pada jarak Bulan, yang menjadi sistem pengawasan AS saat ini.

Ada beberapa orang di komunitas luar angkasa AS, kata Burbach, yang membayangkan bulan sebagai "El Dorado baru". Yakni, sebuah tempat dengan kekayaan atau peluang luar biasa.

Kekayaan itu bisa datang dari menambang es air Bulan, mengumpulkan bahan bakar helium-3 untuk reaktor nuklir, atau memindahkan industri berat manusia ke bulan. Jadi, beberapa pendukung melihat ledakan ekonomi jangka pendek di ruang cislunar, meskipun Burbach dan banyak analis lainnya skeptis bahwa ini akan terjadi dalam beberapa dekade mendatang. (Baca juga: Kemenparekraf Buka Kesempatan Hotel Lain Bergabung Tangani Covid-19 )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)