Lewat Calypso, Kita Bisa Belajar Kenapa Venus Berubah dari 'Bumi' Jadi Neraka

Rabu, 23 September 2020 - 11:04 WIB
loading...
A A A
Calypso tidak sedang dipertimbangkan NASA sekarang. Penulis makalah tersebut menulis tentang hal itu untuk memberikan survei puluhan tahun, proses perencanaan jangka panjang pemerintah untuk ilmu planet, pemahaman yang lebih luas tentang pilihan saat ini.

Misi tersebut mencoba untuk menyeimbangkan tantangan kembar Venus. Permukaan Venus terlalu panas, tetapi misi orbit yang mencoba mempelajari permukaan terhambat oleh lapisan awan berkabut tebal bermil-mil, membuat pengukuran yang tepat menjadi sangat sulit.

Jadi Calypso akan masuk di antaranya. Pada ketinggian sekitar 20 mil, awan tebal Venus menghilang. Jika Anda bisa mendapatkan probe di bawah level itu, maka Anda harus memiliki pandangan yang jelas dan tidak terhalang ke tanah. Dan meskipun masih sangat panas di ketinggian itu, namun tidak sepanas permukaan dengan suhu relatif nyaman 130 derajat Celcius.

Setelah Calypso tiba di Venus, balon besar akan menyebar di atmosfer, tepat di atas lapisan awan, tetap stabil di ketinggian sekitar 30 mil (50 km). Pada ketinggian itu, suhu dan tekanan tidak memerlukan teknologi baru dan panel surya dapat memberikan daya yang cukup untuk probe.

Dari balon itu, modul penurunan akan turun, dipegang ke balon dengan tambatan sepanjang 10-20 mil (15-30 km). Modul penurunan akan muncul di bawah awan dan mengambil beberapa gambar, mengamati medan saat angin dataran tinggi meniup balon. Kemudian, setelah suhu di dalam modul penurunan menjadi terlalu panas untuk ditangani, modul akan kembali ke atas awan, menyampaikan data kembali ke Bumi sementara modul mendingin untuk putaran berikutnya.

Dalam perjalanannya ke atas dan ke bawah, probe perlahan akan memindai permukaan Venus dalam panjang gelombang tampak dan inframerah hingga resolusi potensial hanya beberapa inci atau sentimeter. Salah satu aspek paling kuat dari Calypso adalah bahwa alat tidak akan terbatas untuk mempelajari hanya satu lokasi pendaratan, tetapi juga dapat mensurvei petak-petak luas lanskap Venus.

Memahami Venus sangat penting untuk mempelajari planet kita sendiri. Miliaran tahun lalu, Venus benar-benar kembaran Bumi, dengan lautan air yang cair dan atmosfer yang menyenangkan.

Tapi peristiwa rumah kaca yang tak terkendali di Venus menguapkan lautan, membiarkan karbon dioksida keluar ke atmosfer tanpa terkendali, dan meninggalkan tempat itu dalam kehancuran. Venus menjadi sangat kering sehingga lempeng tektonik menutup sepenuhnya, mengunci permukaan di tempatnya setidaknya selama ratusan juta tahun.

Venus adalah kapsul waktu, memberikan gambaran sekilas tentang apa yang terjadi pada planet seukuran Bumi dahulu kala, dan sebuah kisah peringatan. Dengan mempelajari Venus lebih lanjut, dengan misi berani seperti Calypso, kita dapat mempelajari nasib kita sendiri dengan lebih baik. (Baca juga: Catat! Ini Jadwal Bantuan Kuota Internet Subsidi untuk Pendidikan )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)