Suhu Naik 4 Derajat Celcius, Antartika Kerek Tinggi Air Laut hingga 6,5 Meter

Selasa, 06 Oktober 2020 - 04:30 WIB
loading...
A A A
Namun, penulis studi memperingatkan, kegagalan umat manusia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca abad ini dapat memicu siklus umpan balik yang tidak dapat diubah. Hal itu bakal menyegel nasib Antartika selama ribuan tahun yang akan datang.

Menipisnya rak es Antartika dengan cepat -lempengan besar es berlabuh ke daratan di satu sisi dan mengambang bebas di atas lautan di sisi lain- mewakili satu mekanisme umpan balik yang sangat berbahaya, tulis para peneliti.

Saat air laut hangat mengalir ke bagian bawah rak es, titik di mana dasar rak bertemu dengan air (juga disebut garis landasan) mundur semakin jauh ke belakang, membuat seluruh rak tidak stabil dan memungkinkan bongkahan es yang sangat besar dari daratan meluncur ke laut.

Banyak rak es di Antartika Barat sudah mengalami pencairan semacam ini. Sekitar 25% es di kawasan itu terancam runtuh, menurut sebuah studi tahun 2019 di jurnal Geophysical Research Letters.

Laman Live Science mengutarakan, para ahli sepakat, nasib Antartika ada di tangan pembuat kebijakan saat ini. Kesepakatan Iklim Paris, yang disetujui oleh 73 negara pada 2015 (dan yang ditinggalkan Amerika Serikat pada Juni 2017 atas perintah Presiden Donald Trump), bertujuan untuk membatasi suhu rata-rata planet agar tidak naik lebih dari 2,7 derajat F (1,5 derajat C) di atas rata-rata praindustri, untuk mencegah efek terburuk dari perubahan iklim.

Sementara emisi turun dengan jumlah minim di awal tahun ini, karena karantina massal selama pandemik COVID-19, sebuah laporan PBB yang diterbitkan awal bulan ini memperingatkan bahwa dunia saat ini tidak berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan dalam Kesepakatan Paris, dengan suhu global rata-rata bertahan sekitar 2 derajat F (1,1 derajat C) di atas tingkat pra-industri antara 2016 dan 2020.

Laporan tersebut menambahkan bahwa ada kemungkinan 20% suhu rata-rata global tahunan akan meningkat lebih dari 2,7 derajat F (1,5 derajat C), setidaknya untuk sementara, pada 2024. (Baca juga: Tesla Disebut Dekati Indonesia untuk Pengembangan Baterai Mobil Listrik )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)