Ilmuwan: Alien Penghuni 1.000 Bintang Terdekat Bisa Lacak Kehidupan di Bumi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 22:09 WIB
Ilmuwan: Alien Penghuni 1.000 Bintang Terdekat Bisa Lacak Kehidupan di Bumi
Ilmuwan sebut ada 1.000 lebih bintang terdekat yang penghuninya (alien) bisa melacak kehidupan di Bumi. Foto/ist
JAKARTA - Saat umat manusia meningkatkan pencariannya akan kehidupan alien atau makhluk luar angkasa (ET), kita juga harus ingat bahwa mereka juga mungkin memburu kita. (Baca juga: Fisikawan Ungkap Alasan Alien belum Berkomunikasi dengan Penduduk Bumi )

Sebuah studi baru menyatakan hal itu dengan mengidentifikasi lebih dari 1.000 bintang terdekat yang memiliki posisi yang baik untuk melihat kehidupan di Bumi.

"Jika pengamat di luar sana mencari (dari planet yang mengorbit bintang-bintang ini), mereka akan dapat melihat tanda-tanda biosfer di atmosfer Titik Biru Pucat kami (Bumi)," kata penulis studi Lisa Kaltenegger, seorang profesor astronomi di Cornell dan Direktur Universitas Carl Sagan Institute, dilansir Space.com.

"Dan kita bahkan bisa melihat beberapa yang paling terang dari bintang-bintang ini di langit malam kita tanpa teropong atau teleskop," kata Kaltenegger menegaskan.

Metode Transit
Para astronom telah menemukan lebih dari 4.000 exoplanet yang ditemukan dengan "metode transit". Metode ini mendeteksi penurunan kecerahan kecil yang disebabkan ketika "dunia" yang mengorbit melintasi wajah bintang induknya, dari sudut pandang pengamat.

Strategi itu terbukti sangat efektif digunakan oleh teleskop luar angkasa Kepler, periskop perintis NASA yang saat ini digunakan oleh penggantinya, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Dalam waktu dekat, para peneliti juga akan dapat memindai atmosfer beberapa planet transit terdekat untuk mencari tanda-tanda kehidupan yang potensial. Pencarian ini menjadi salah satu dari banyak tugas yang dilakukan oleh James Webb Space Telescope milik NASA yang nilainya USD9,8 miliar. Teleskop dijadwalkan diluncurkan pada akhir tahun depan.

Dalam studi baru, Kaltenegger dan rekannya, Joshua Pepper, profesor fisika di Universitas Lehigh, menganggap Bumi sebagai target survei planet transit daripada sumber survei.

Para ilmuwan meneliti kumpulan data TESS dan pesawat luar angkasa Gaia yang memetakan bintang di Eropa, mencari bintang dalam jarak 100 parsec (sekitar 326 tahun cahaya) yang sejajar dengan ekliptika, bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari. Penjajaran seperti itu diperlukan untuk melihat Bumi melintasi wajah Matahari.

"Pencarian ini menemukan 1.004 bintang urutan utama yang memenuhi syarat -bintang yang, seperti Matahari kita, memadukan hidrogen menjadi helium di intinya. Dan 508 dari bintang-bintang itu 'menjamin pengamatan minimum selama 10 jam dari transit Bumi' melintasi wajah Matahari," tulis Kaltenegger dan Pepper dalam studi baru yang dipublikasikan online, Selasa (20/10/2020) di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society: Letters.

Alat Baru untuk Mencari Alien
Para ilmuwan tidak tahu berapa banyak planet yang mengorbit di 1.004 Matahari yang ditandai oleh Kaltenegger dan Pepper. Begitu juga dengan berapa banyak dari sistem ini menampung dunia yang mungkin kondusif bagi kehidupan seperti Bumi.

"Angka-angka itu seharusnya menjadi fokus yang lebih jelas karena pemburu planet ekstrasurya seperti TESS melanjutkan pekerjaannya. Dan studi baru ini dapat berfungsi sebagai penunjuk bagi ahli astrobiologi saat sekarang dan di masa depan," kata Kaltenegger.

"Jika kita mencari kehidupan cerdas di alam semesta yang dapat menemukan kita dan mungkin ingin berhubungan, kita baru saja membuat peta bintang tempat harus melihat pertama kali," tambahnya. (Baca juga: Kalah Jauh dari Negara-negara Non-Muslim, RI Urutan ke-20 Eksportir Makanan Halal )