Honda Siap Produksi Massal Robot ASIMO

Rabu, 04 November 2020 - 18:16 WIB
loading...
Honda Siap Produksi Massal Robot ASIMO
Robot ASIMO, FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Pada tahun 2000, Honda memulai sebuah proyek ambisius untuk mengembangkan sebuah robot humanoid yang dirancang untuk membantu aktivitas manusia sehari-hari. Kini, robot bernama ASIMO tersebut genap berusia 20 tahun dan turut berkontribusi terhadap berbagai teknologi canggih yang telah diterapkan pada produk-produk massal Honda. (Baca juga: Realme 7i vs vivo Y50, Kamu Jagoin yang Mana? )

Sebagai robot Humanoid memfokuskan pengembangannya terhadap cara berjalan dengan dua kaki (bi-pedal), pengenalan lingkungan dan interaksi terhadap lingkungannya, teknologi yang dikembangkan untuk ASIMO (singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility) turut berkontribusi terhadap berbagai teknologi cerdas seperti sistem kontrol mobil Vehicle Stability Assist, sistem keseimbangan pada sepeda motor, hingga sensor untuk kendaraan otonom. (Baca juga: Trump Melawan dengan Keras, Biden Tidak Mau Beri Peluang )

ASIMO lahir pada tahun 2000, namun proses perancangan ASIMO telah menghabiskan waktu yang cukup panjang sejak tahun 1986. Kala itu, Honda merancang struktur yang menyerupai kaki manusia untuk robot pertamanya yang diberi nama E0, dan sukses menciptakan langkah kaki yang seimbang dan teratur. Namun, saat itu dibutuhkan waktu 5 detik untuk melangkah bergantian dari satu kaki ke kaki lainnya, dan robot E0 hanya dapat berjalan lurus kedepan.

Hingga tahun 1993, Honda terus melakukan penyempurnaan pada struktur kaki di beberapa generasi robot selanjutnya, mulai dari tipe E1 hingga E6. Hasilnya, langkah kaki robot menjadi lebih cepat dan gerakannya terlihat lebih natural layaknya manusia. Memasuki tahun 1994, Honda mulai merancang robot secara utuh mulai dari kaki hingga tangan dan kepala, yang diberi nama P1 hingga P3.

Perjalanan selama 14 tahun tersebut membawa kelahiran ASIMO untuk pertama kalinya ke dunia di tahun 2000. Dengan tinggi 120 cm dan lebar 45 cm, robot mungil ini sudah dapat melangkah ke berbagai arah dengan dibantu sebuah controller terpisah. Tepat setahun setelahnya, robot ASIMO dirancang semakin canggih. ASIMO telah mampu menaiki dan menuruni anak tangga.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1409 seconds (10.101#12.26)