China Mulus Luncurkan Misi Bersejarah Chang'e 5 ke Bulan

Selasa, 24 November 2020 - 06:33 WIB
loading...
A A A
"Situs pendaratannya sama dengan yang digunakan untuk pesawat luar angkasa Shenzhou yang kembali berawak (China)," katanya.

Chang'e 5, sebuah upaya pengembalian sampel pertama China, adalah misi keenam dan paling ambisius dalam program eksplorasi Bulan robotik Chang'e, yang dinamai sesuai nama Dewi Bulan dalam mitologi China.

China meluncurkan pengorbit Chang'e 1 dan Chang'e 2 masing-masing pada tahun 2007 dan 2010. Kemudian dilanjutkan duo penjelajah pendarat Chang'e 3 yang mendarat di sisi dekat Bulan pada Desember 2013.

Misi Chang'e 5T1 meluncurkan kapsul kembali prototipe dalam perjalanan delapan hari mengelilingi bulan pada Oktober 2014. Peluncurannya guna membantu mempersiapkan misi Chang'e 5.

Dan pada Januari 2019, Chang'e 4 menjadi misi pertama yang pernah menjadi ace a soft landing di sisi jauh Bulan yang misterius. Pendarat dan penjelajah Chang'e 4 masih kuat, seperti pendarat Chang'e 3 yang sanggup bekerja di permukaan Bulan selama 31 bulan.

Chang'e 5 adalah bagian dari perlombaan misi pengembalian sampel batuan luar angkasa baru-baru ini. Pada 6 Desember, misalnya, potongan asteroid Ryugu yang dikumpulkan oleh misi Hayabusa2 Jepang dijadwalkan mendarat di Australia.

Kemudian wahana NASA OSIRIS-REx yang menangkap sampel asteroid Bennu bulan lalu. Materi itu akan turun ke Bumi pada September 2023, jika semuanya berjalan sesuai rencana. (Baca juga: Belajar dari Pengalaman Langsung Kesembuhan Penyintas COVID-19 )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3048 seconds (0.1#10.140)