Megalodon Ternyata Punya Sisi Lembut yang Tak Kita Duga

loading...
Megalodon Ternyata Punya Sisi Lembut yang Tak Kita Duga
Megalondon, hiu predator terbesar sepanjang masa, mengawasi anak-anaknya seperti hiu modern lainnya. Dia membesarkan mereka di wilayah geografis tertentu yang dikenal sebagai pembibitan. Fiti/Hugo Salais, Metazoa Studio/Live Science
JAKARTA - Hiu Megalodon yang sangat besar dan menakutkan mungkin tidak membuat Anda berpikir mereka adalah orang tua yang baik, bahkan menjadi teman bermain bagi anak-anaknya. (Baca juga: Hiu Paus Terdampar di Kawasan Wisata Mangrove Lombok Barat Hebohkan Warga )

Tetapi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa predator laut terbesar ini mengasuh bayi mereka dengan membesarkannya di pembibitan. Hal ini mengemuka setelah para ilmuwan baru saja menambahkan lima lokasi pembibitan potensial Megalodon ke dalam daftar.

Tempat bayi hiu ini muncul di mana-mana. Para ilmuwan melaporkan pada 2010 bahwa mereka telah mengidentifikasi pembibitan Megalodon di Panama. Baru-baru ini, tim peneliti lain mendeskripsikan situs pembibitan Megalodon baru di timur laut Spanyol. Di situs-situs itu ditemukan Fosil hiu dewasa dan anak-anak yang ditemukan bersama-sama, dengan sebagian besar fosil berasal dari remaja dan bayi yang baru lahir.

Ilmuwan yang sama juga menganalisis data dari delapan situs lain -dari 16 juta hingga 3 juta tahun lalu- di mana fosil Otodus Megalodon berlimpah. Mereka mengevaluasi ukuran tubuh hiu individu untuk menentukan rasio remaja dan dewasa, dan menyebutkan empat lokasi pembibitan tambahan.



Live Science melaporkan, hasil penelitian menunjukkan Megalodon dewasa umumnya membesarkan anaknya di area pembibitan, di mana bayi hiu akan dilindungi sampai mereka mampu menjaga diri dari predator laut lainnya. Ini juga meningkatkan kemungkinan bahwa penurunan lokasi pembibitan yang tersedia mungkin telah berkontribusi pada kepunahan hiu raksasa, menurut sebuah studi baru.

Otodus Megalodon diperkirakan memiliki panjang hingga 50 kaki (15 meter), menjadikannya hiu predator terbesar yang pernah hidup. Kebanyakan fosil Megalodon berumur sekitar 15 juta tahun lalu, dan ikan raksasa punah dari catatan fosil sekitar 2,6 juta tahun yang lalu.

Saat ini, banyak hiu modern membesarkan anaknya di pembibitan. Perairan di dekat provinsi Buenos Aires, Patagonia utara, memiliki pembibitan untuk beberapa spesies hiu, dan pembibitan hiu macan pasir (Carcharias taurus) di Great South Bay Long Island menampung hiu remaja yang hidup di sana sampai mereka berusia 4 atau 5 tahun.



Dan pembibitan hiu tertua yang diketahui berusia lebih dari 200 juta tahun, menurut fosil telur yang ditemukan di samping "gigi bayi" hiu yang panjangnya hanya 0,04 inci (1 milimeter), Live Science sebelumnya melaporkan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top