Kapal Selam China Berhasil Capai Titik Terdalam Palung Mariana

Selasa, 01 Desember 2020 - 21:43 WIB
loading...
Kapal Selam China Berhasil Capai Titik Terdalam Palung Mariana
Kapal selam China, Fendouzhe berhasil mencapai kedalaman 10.909 meter di Palung Mariana. Foto / IST
A A A
JAKARTA -
Setelah melakukan perjalanan bawah laut berminggu-minggu, kapal selam China, Fendouzhe akhirnya berhasil mencapai titik terdalam yang ada di laut palang dalam di bumi, Palung Mariana. China Daily mengabarkan kapal selam tersebut berhasil mencapai kedalaman 10.909 meter di palung yang di kenal sebagai palung terdalam yang ada di bumi. (Baca juga : Peselancar dan Perenang Pantai Enam Kali Lebih Rentan Terkena Kanker Kulit )

Disebutkan China Daily, sejak pertama kali melakukan perjalanan pada 10 Oktober lalu, kapal selam Fendouzhe dalam waktu cepat mampu mencapai lokasi Palung Mariana yang ada di bagian Samudra Pasifik. Selama berada di Palung Mariana, Fendouzhe melakukan 13 kali penyelaman dimana 8 penyelaman berhasil mencapai jarak terdalam 10.000 meter. Penyelaman terdalam terjadi pada 10 November dimana kapal selam Fendouzher berhasil menyelam hingga 10.909 meter.

Selama penyelaman itu kru Fendouzhe melakukan serangkaian penelitian di Palung Mariana. Mereka juga mengambil sedimen, bebatuan dan sampel biologis untuk diteliti kembali ketika naik ke daratan. (Baca juga : Pria Australia Temukan Bunga Bulu Hybrid yang Eksotis )

Mencapai titik terdalam di Palung Mariana memang jadi kebanggaan buat China. Pasalnya China begitu berdedikasi menyiapkan kapal selam yang bisa melakukan penyelaman dengan kedalaman ultra selama sepuluh tahun belakangan ini. Diektahui China pernah berupaya melakukan penyelaman sedalam 3.579 meter pada 2010. Penyelaman itu sangat impresif karena China melakukannya dengan kapal selam dengan kemampuan selam 3.500 meter.

Hanya saja Fendouzhe bukan satu-satunya kapal selam yang mampu menyelam sangat dalam. Dalam catatan Guinness World of Records, Limiting Factor, kapal selam milik pengusaha Victor Vescovo adalah kapal selam yang paling dalam menyelam dengan tingkat kedalaman 10.934 meter. Fendouzhe juga masih kalah dengan kapal selam Trieste yang penyelamananya nyaris mirip dengan Fendouzhe karena terpaut tiga meter saja. Diketahui Trieste berhasil mencetak rekor pada 23 Januari 1960 dengan tingat kedalaman 10.912 meter.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)