Bocah 9 Tahun Rancang Toilet di dalam Pakaian Luar Angkasa untuk NASA

Rabu, 02 Desember 2020 - 10:55 WIB
loading...
Bocah 9 Tahun Rancang Toilet di dalam Pakaian Luar Angkasa untuk NASA
Seperti namanya Toilet Lunar Spacesuit dirancang agar muat di dalam pakaian antariksa astronot.
A A A
MALAYSIA - Pergi ke toilet bagi para astronot adalah persoalan besar. Nah, Zyson Kang, warga Malaysia berusia 9 tahun, merancang ulang pakaian luar angkasa agar para astronot bisa buang air kecil dengan nyaman.

Yang perlu dilakukan astronot hanyalah menggerakkan kaki mereka, yang kemudian akan menyalurkan urin mereka ke dalam wadah yang disimpan di sepatu bot mereka.
Yang paling keren, perangkat tersebut tidak butuh baterai atau pasokan listrik untuk berfungsi. Sehingga menjadikan cara kerjanya sangat ringan dan murah.

Menurut pelatih Kang di I-Discovery World Science Center di Selangor, Malaysia, bocah lelaki itu memang punya bakat untuk mencipta. ”Dia rajin membaca dan selalu ingin tahu. Kang sangat menyukai sains, terutama astronomi,” kata Chong Soo Sheong, dari I-Discovery World.

Chong dan Kang memulai proyek tersebut pada bulan Juni, dan menyerahkannya kepada panel juri Lunar Loo NASA pada Agustus.

Bocah 9 Tahun Rancang Toilet di dalam Pakaian Luar Angkasa untuk NASA

”Pada 29 Oktober, NASA mengundangnya untuk mempresentasikan modelnya di webinar. Tim NASA terkesan dengan kesederhanaan modelnya,” kata Chong.

Kang berhasil mengalahkan lebih dari 897 peserta dari 85 negara. Bahkan, desain toilet pakaian antariksa Kang dapat digunakan tidak hanya untuk pakaian luar angkasa. Melainkan juga profesional medis dalam situasi darurat.

”Saya tidak dapat membayangkan betapa payahnya harus pergi ke kamar mandi saat Anda menghadapi keadaan darurat medis. Bagaimana dokter buang air? Misalnya, petugas medis biasanya harus melepas atau mengganti Alat Pelindung Diri (APD) mereka jika mereka harus ke toilet saat menangani pasien COVID-19,” jelas Chong.

Model toilet kompak Kang akan memungkinkan dokter dan perawat untuk beristirahat di toilet mereka selama keadaan darurat tanpa harus mengganti atau melepas pakaian APD mereka.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)