Bukan T-Rex, Ini 5 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

Kamis, 17 Desember 2020 - 11:01 WIB
Bukan T-Rex, Ini 5 Dinosaurus Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi
Ilustrasi bentuk dinosaurus. FOTO/ IST
MENLO PARK - Dinosaurus adalah hewan purba yang diyakini pernah menginjakkan kaki di muka Bumi. Ukurannya sangat besar. Jauh lebih besar dibandingkan hewan-hewan yang ada saat ini. BACA JUGA - Temuan Mutasi Corona VUI - 202012/01, Ilmuwan Ragukan Khasiat Vaksin COVID-19

Beragam teori muncul mengenai penyebab kepunahan dinosaurus. Salah satu dinosaurus yang paling populer adalah T-Rex. Tapi nyatanya berdasarkan penelitian, T-Rex bukanlah dinosaurus terbesar yang pernah hidup. (Baca juga: FDA Siapkan Uji Vaksin Corona untuk Anak di Bawah 16 Tahun )

Berikut ini 5 dinosaurus terbesar yang semuanya adalah hewab herbivora atau tidak memakan daging.

1. Argentinosaurus

Diurut pertama ada Argentinosaurus Huinculensis. Hewan purba ini memiliki ukuran tubuh hingga 35 meter dengan berat 88-110 ton. Hewan ini diyakini hidup di sekitaran benua Amerika Selatan.

Ukuran tersebut masih sekadar estimasi. Bisa saja jika peneliti menemukan tulang belulang lain daro dinosaurus ini, ukurannya mungkin bisa lebih besar.

2. Puertasaurus

Hewan ini juga memiliki berat sekitar 88-110 ton dan sama-sama hidup di Amerika Selatan. Diameter dadanya mencapai 5 meter, cukup untuk menelan 1 gajah Afrika dengan mudah.

3. Paralititan

Kerangka Paralititan Stromeri ditemukan di Mesir pada 2001. Berdasarkan tulang belulangnya, hewan ini diperkirakan memiliki berat sebanding dengan 55 mobil.