Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Sabtu, 19 Desember 2020 - 20:41 WIB
loading...
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh
Tampak salah satu kaki hewan yang terlihat aneh. Bentuk kaki hewan banyak yang terlihat aneh sebagai adaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Foto/Alamy
A A A
JAKARTA - Di dunia hewan , kaki hadir dalam berbagai bentuk yang menakjubkan dan dilengkapi serangkaian adaptasi yang sangat terspesialisasi . Imbasnya, ada yang terlihat sangat aneh. (Baca juga: 15 Hewan Ini Mungkin Lebih Cerdas Dari Kamu, Ayo Tebak Apa Saja )

Beberapa memiliki cakar kokoh yang dapat menggali terowongan di tanah yang padat. Yang lainnya menggunakan cakar tajam dan melengkung untuk menangkap dan mencengkeram mangsa yang bergerak cepat dan menggeliat. Mereka mungkin menggunakan struktur mencengkeram untuk mengukur permukaan vertikal, atau menyebarkan paku berbisa untuk mengalahkan saingan atau predator.

Entah mereka digunakan sebagai alat untuk menggali, menggenggam pengisap atau mesin pembunuh, kaki binatang bisa sangat aneh. Berikut ini beberapa contoh yang paling menarik dari keanehan kaki hewan, seperti dilaporkan Live Science.

1. Kuku Tapir
Banyak hewan memiliki kuku, tapi tahukah Anda bahwa tapir memiliki banyak kuku di setiap kakinya? Tapir berkerabat dekat dengan badak. Namun kaki mereka sangat tidak biasa.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Mereka memiliki empat jari pada kaki depan dan tiga jari pada kaki belakang. Semua jari kaki ditutupi oleh paku yang mengeras, sehingga menyerupai kuku yang sangat kecil. Kaki tapir bersifat mesaksonik, artinya ujung tengah adalah yang terbesar dan membentuk poros kaki.

Satu jari di kaki depan lebih kecil dari yang lain. Biasanya digunakan hanya ketika tapir menavigasi tanah yang lunak dan berlumpur, menurut Animal Diversity Web.

2. Tokek Anti-Gravitasi
Tokek dapat naik ke dinding dan bahkan menggantung terbalik. Menariknya, ini bukan karena jari-jari kakinya yang lengket, tapi lantaran mereka ditutupi oleh ratusan rambut kecil, yang dikenal sebagai setae, yang bercabang menjadi filamen lebih kecil.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Elektron pada rambut yang sangat kecil ini terikat dengan molekul di permukaan lain melalui tarikan elektromagnetik. Hal ini memungkinkan tokek untuk menempel dan melepaskan kaki mereka cukup cepat untuk meluncur ke permukaan vertikal dan melintasi langit-langit. Kaki mereka yang tidak biasa telah mengilhami teknologi seperti dayung genggam yang dapat membantu orang mengukur bangunan, dan selotip non-iritasi yang dapat menutup luka.

3. Alpacas Pendaki Gunung
Jari-jari kaki kokoh dan kaki berbulu Alpaka membantu mereka menavigasi pegunungan Andes yang dingin dan tinggi di Amerika Selatan. Hewan pemamah biak ini termasuk dalam keluarga unta, yang juga termasuk unta, dromedaris, llama, Guanaco, dan Viçunas -kerabat terdekat alpacas dalam kelompok tersebut -dan semua unta memiliki dua jari di setiap kaki.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Jennifer Zoon/Smithsonian NaUonal Zo

Jari kaki memiliki bantalan lembut dengan ujung paku yang kuat. Kukunya terus tumbuh dan menjadi aus karena berjalan di atas tanah berbatu.

4. Badak Mungil
Mempertimbangkan ukuran dan beratnya, badak memiliki kaki yang sangat mungil. Hewan yang mengesankan ini dapat berukuran hingga 15 kaki (4,6 meter) dan berat hingga 5.000 pon (2.400 kilogram), tetapi kepala besar dan tubuh besar mereka didukung oleh kaki yang tampak sangat kecil dibandingkan anggota tubuh yang lebih kokoh dari mamalia darat besar lainnya seperti gajah.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

"Kaki badak meruncing ke kaki yang berbentuk lingkaran dan memiliki tiga jari kaki, dan ketika berjalan, mereka memberi tekanan lebih pada punggung kaki mereka. Yang aneh dan kami belum benar-benar memahaminya," kata John Hutchinson, profesor evolusi biomekanik di laboratorium struktur dan gerak Royal Veterinary College.

5. Nyamuk Bersisik
Sebuah foto yang menjadi viral di Reddit pada November 2017 membuat orang-orang terheran-heran tentang apa yang dilihat. Muncul dari tangkai yang tersiram, objek berbentuk kumis merah muda terletak di antara lingkaran aneh dan pusaran serta struktur lengkungan, yang semuanya menjadi identitas objek tidak mungkin ditebak oleh sebagian besar penonton. Gambar misterius itu adalah kaki nyamuk yang diperbesar 800 kali lipat.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Steve Gschmeissner/RPS

Detail luar biasa seperti pulvillus -bantalan perekat berujung rambut- sisik dan cakar ditangkap oleh fotografer Steve Gschmeissner menggunakan mikroskop elektron pemindai, dan membuatnya mendapatkan penghargaan dalam kontes Royal Photography Society International Images for Science 2016.

6. Platipus Berbisa
Apa yang tidak aneh tentang platipus? Mereka memiliki ekor pipih seperti berang-berang, tubuh ramping dan berbulu, kaki berselaput dan paruh. Semua mamalia melahirkan anak, tapi bukan platipus karena mereka bertelur, seperti yang dilakukan nenek moyang mamalia.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Alamy

Selain berselaput, pejantan juga memiliki taji runcing yang mengandung racun, yang diduga para ilmuwan digunakan selama pertempuran dengan pejantan saingan selama musim kawin.

7. Burung Unta Berjari Dua
Mungkin karena kaki burung unta begitu besar dan kuat, mereka mengundang perbandingan dengan kaki dinosaurus pemakan daging yang hidup jutaan tahun lalu. Burung unta -yang merupakan dinosaurus hidup, seperti semua burung modern- adalah satu-satunya burung yang memiliki dua jari. Padahal burung lainnya memiliki tiga atau empat jari kaki.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Salah satu jari kaki jauh lebih besar dari yang lain, dan memiliki ujung cakar yang panjangnya bisa mencapai 10 sentimeter. Kaki kuat burung unta dan kaki dua jari dapat memberikan tendangan mematikan, dan mereka telah diamati da[at berlari dengan kecepatan lebih dari 37 mil per jam (60 km/jam) selama lebih dari 30 menit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal dari Biologi Eksperimental.

8. Basilisk Berjalan di Air
Basilisk memiliki kemampuan yang luar biasa untuk berjalan di atas air. Mereka mengandalkan kecepatan dan gerakan menyendok yang aneh dari kakinya yang berbentuk tidak biasa untuk meluncur di atas permukaan berair.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Nature Picture Library/Alamy

Agar tidak tenggelam, Basilisk dengan cepat mengaduk-aduk kaki mereka saat berlari, dan kaki "berpohon besar" mereka menangkap kantong udara yang membantu menahan mereka saat bergerak maju, menurut American Museum of Natural History.

9. Elang
Dengan jambul bulu gelap membingkai para abu-abu pucat dan tatapan mata keemasan yang tajam, Elang Harpy (Harpia harpyja) adalah pemandangan yang mengesankan. Mereka adalah burung pemangsa terberat dan paling kuat, menurut Kebun Binatang San Diego.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Bagian dari keberhasilan berburu mereka adalah karena cakar melengkungnya yang besar, yang dapat berukuran hingga 5 inci (13 sentimeter) -bahkan lebih panjang dari cakar beruang Grizzly. Kaki mereka yang kuat dapat menghasilkan kekuatan ratusan pon untuk menghancurkan dan membunuh mangsanya, termasuk monyet dan kungkang yang beratnya dapat mencapai 17 pon (7,7 kilogram).

10. Armadillo Bercakar
Armadillo raksasa (Priodontes maximus), yang terbesar dari semua armadillo, adalah "tank lapis baja" berjalan dengan pelat tulang berengsel dari kulit keras menutupi tubuhnya, dan 80 hingga 100 gigi di mulutnya. Ini lebih banyak dari mamalia lain, menurut Encyclopedia Kehidupan.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Kevin Schafer/Minden Pictures/Newscom

Kaki depannya memiliki tiga cakar. Rinciannya, cakar tengah berbentuk sabit jauh lebih besar daripada dua lainnya, berukuran panjang kira-kira 8 inci (20 sentimeter), seperti dilaporkan National Geographic melaporkan. Armadillo menggunakan cakar besar ini guna menggali sarang rayap untuk serangga mangsanya, dan menggali liang tempat mereka bersembunyi dan beristirahat.

11. Lalat Lengket
Lalat dapat dengan mudah berkeliaran di permukaan saat dalam posisi terbalik, dan rahasianya terletak pada koktail perekat khusus yang melapisi setae mereka -rambut kecil di kaki mereka. Kaki lalat dilengkapi dua bantalan perekat yang cukup besar yang disebut pulvilli, yang menciptakan permukaan luas untuk menggenggam ke mana pun lalat berjalan.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Cultura CreaUve/Alamy

Setae yang menutupi bantalan ini dilapisi dengan minyak dan gula yang membentuk zat mirip lem yang kuat. Faktanya, lemnya sangat kuat sehingga lalat harus menggunakan cakar khusus pada kakinya untuk melepaskan diri kapan pun ia melangkah.

12. Kadal Bipedal
Kadal berkerah Amerika Utara memiliki kaki belakang yang berotot dan kuat, dengan kaki yang tampak aneh dengan jari-jari kaki yang berbeda panjang dan bercabang ke arah yang berbeda. Mereka menggunakan pelengkap yang tidak biasa untuk berlari bipedal cepat, mengangkat ke kaki belakang mereka dan melesat dengan langkah yang dapat mengukur hingga tiga kali panjang tubuh kadal, menurut Arizona Sonora Desert Museum.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Shutterstock

Kadal berkerah adalah pelari yang cepat, mampu melaju hingga 16 mil per jam (26 km/jam). Secepat manusia yang berlari, sebut American Museum of Natural History melaporkan.

13. Siput Logam Berat
Banyak jenis moluska menumbuhkan cangkang keras untuk melindungi tubuh mereka yang lembut dan licin. Tapi yang paling logam dari semuanya adalah siput kaki bersisik, yang hidup di dekat ventilasi hidrotermal di Samudera Hindia dan menggunakan bakteri khusus untuk membuat cangkang serta sisik kaki dari besi sulfida.
Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Foto/Chong Chen, et al./CC 4.0

Laman Wired melaporkan, pelat di kaki siput, yang menyerupai lapisan chainmail, dapat membantu menangkis duri berbisa dari siput predator yang menembakkan proyektil mereka ke daging mangsanya yang terbuka.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2522 seconds (0.1#10.140)