Hari ini, Jarak Jupiter dan Saturnus Sangat Dekat

Senin, 21 Desember 2020 - 06:02 WIB
Hari ini, Jarak Jupiter dan Saturnus Sangat Dekat
Ilustrasi tatanan planet di antariksa. FOTO/ IST
NEW YORK - Fenomena luar angkasa langka akan terjadi hari ini 21 Desember 2020. Fenomena ini adalah atraksi yang hanya terjadi sekali dalam seribu tahun, ketika Jupiter dan Saturnus akan bertemu dalam sebuah “konjungsi besar,” di mana keduanya berada dalam jarak terdekat di langit. BACA JUGA- 1,2 Juta Dosis Diborong Indonesia, Riset Sebut Imunitas Vaksin Sinovac Terendah

Para astronom menggunakan istilah “konjungsi” untuk peristiwa di mana dua benda langit tampak seakan-akan bertemu di langit, sebagaimana disaksikan dari bumi.

Namun untuk Saturnus dan Jupiter, mereka menyebutnya sebagai “konjungsi besar.” BACA JUGA - Sinovac Dibeli Indonesia, China Borong Vaksin COVID-19 Buatan Jerman dan Inggris

Yang membuat konjungsi tahun ini penting adalah karena kedua planet itu tidak sedemikian dekatnya satu sama lain dalam kurun 400 tahun, dan 800 tahun telah berlalu sejak penyesuaian seperti itu terjadi pada malam hari.

Para astronom menganjurkan menemukan tempat yang pandangan ke langit barat yang tidak terganggu satu jam setelah matahari terbenam. Jupiter akan tampil lebih dulu, kemudian diikuti Saturnus sementara Jupiter tampak seperti sebuah bintang terang. Saturnus akan kelihatan lebih pucat dan kelihatan agak di atas dan sebelah kiri dari Jupiter.