Bermutasi, Inggris Percaya Virus Corona Baru adalah Virus Buatan

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:11 WIB
loading...
Bermutasi, Inggris Percaya Virus Corona Baru adalah Virus Buatan
Tangkapan layar email yang dikirim oleh Unit Pemantauan Media Pemerintah Inggris, meringkas tanggapan atas berita utama utama hari itu. Foto/Business Insider/Chris Stokel-Walker
A A A
LONDON - Teori konspirasi yang beredar menyebutkan virus Corona baru yang jadi pandemik dunia saat ini adalah virus buatan. Tampaknya opini ini juga diambil oleh Pemerintah Inggris seiring mutasi virus di Negara Ratu Elizabeth tersebut. (Baca juga: Dihantui Virus Corona Baru di Inggris, Rupiah Bisa Melemah )

Pemerintah Inggris diketahui sedang memantau media sosial untuk mencari teori konspirasi yang mengatakan jenis virus Corona baru adalah buatan. Mereka mencatat dalam email internal beberapa skeptisisme publik bahwa varian baru itu nyata.

Email internal, dilihat oleh Business Insider, dikirim oleh Unit Pemantauan Media (MMU) Inggris ke politisi dan pegawai negeri. Unit ini adalah bagian dari Kantor Kabinet dan menginformasikan strategi pers harian pemerintah.

Meskipun bernada netral dan analitis, email tersebut memberikan wawasan tentang bagaimana pemerintah mengantisipasi tantangan komunikasi. Jelas bahwa menangani sentimen anti-vaksin dan teori konspirasi tentang strain baru keduanya menempati peringkat tinggi dalam daftar tantangan itu.

Dalam email yang dikirim pada 20 Desember, misalnya, komunike hari itu merangkum reaksi media sosial terhadap jenis "mutan" virus Corona yang lazim di Inggris, yang beritanya muncul pada akhir pekan.

Meringkas tanggapan Facebook terhadap cerita populer oleh The Independent tentang virus jenis baru tersebut, email tersebut menyatakan: "Banyak yang tidak peduli dengan varian baru, namun beberapa lebih skeptis, mengklaim persetujuan varian baru dengan persetujuan vaksin adalah waktu yang mencurigakan. Beberapa menyarankan varian baru mungkin buatan".

Email tersebut tidak menyebutkan tindakan apa yang mungkin diambil pemerintah untuk mengurangi sentimen ini. Konspirasi datang meskipun Kelompok Penasihat Ancaman Virus Pernafasan Baru dan Berkembang (NERVTAG) pemerintah Inggris menguraikan potensi keparahan varian baru.

Pemerintah juga mengakui peningkatan 5.000% dalam penelusuran untuk "bagaimana varian baru lebih dapat ditularkan", "mengapa varian baru lebih dapat ditularkan", dan "apa varian Covid-19 baru ini".

Email tersebut juga melacak bagaimana pengguna media sosial menanggapi tindakan yang lebih ketat di Inggris. Selama akhir pekan yang kacau, Perdana Menteri Boris Johnson, membatasi kegiatan jutaan orang di London ke dalam penguncian yang ketat dan memperketat aturan di tempat lain. Kebijakan ini sebagai tanggapan terhadap jenis virus Corona baru yang lebih cepat menular.

Ancaman mutasi baru menyebabkan sebagian besar Eropa menutup perbatasannya dengan Inggris. Padahal ini membahayakan hingga 20% pasokan makanan yang melewati Pelabuhan Dover selama Senin dan Selasa. (Baca juga: Jasa Marga Resmi Tutup Permanen Rest Area KM 50 Tol Jakarta-Cikampek )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)