Ilmuwan Deteksi Emisi Radio di Luar Sistem Matahari, Tanda Kehidupan Alien?

Rabu, 23 Desember 2020 - 03:50 WIB
Ilmuwan Deteksi Emisi Radio di Luar Sistem Matahari, Tanda Kehidupan Alien?
Ilmuwan menangkap sinyal emisi radio di luar sistem Matahari. Ini bisa menandakan adanya kehidupan alien. Foto/Ist
JAKARTA - Ilmuwan mengklaim telah mendeteksi emisi radio dari planet yang mengorbit bintang di luar sistem Matahari kita untuk pertama kalinya. Para astronom di balik penelitian baru ini menggunakan teleskop radio di Belanda untuk mempelajari tiga bintang berbeda yang diketahui memiliki eksoplanet.

Para peneliti membandingkan apa yang mereka lihat dengan pengamatan Jupiter, yang dicairkan seolah-olah dilihat dari sistem bintang yang jaraknya puluhan tahun cahaya. Dan satu sistem bintang menonjol, Tau Boötes, yang berisi setidaknya satu planet ekstrasurya. (Baca juga: NASA Dipersenjatai Nuklir untuk Invasi Bulan dan Planet Mars )

"Jika pendeteksian berhasil, itu bisa membuka pintu untuk lebih memahami medan magnet exoplanet dan exoplanet itu sendiri," harap para peneliti.

"Kami menyajikan salah satu petunjuk pertama untuk mendeteksi planet ekstrasurya di alam radio," kata Jake Turner, astronom di Universitas Cornell dan sekaligus penulis utama penelitian baru tersebut.

"Kami membuat kasus untuk emisi oleh planet itu sendiri. Dari kekuatan dan polarisasi sinyal radio dan medan magnet planet, ini kompatibel dengan prediksi teoritis," ujarnya.

Namun, Turner dan rekan-rekannya belum yakin bahwa sinyal yang mereka deteksi benar-benar berasal dari planet yang dijuluki Tau Boötes. Para peneliti meminta pengamatan tambahan dari sistem tersebut, yang berjarak sekitar 51 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Boötes.

Penelitian baru sebenarnya dimulai di Jupiter. Para peneliti sebelumnya telah mempelajari emisi radio planet itu dan kemudian menyesuaikan pengukuran tersebut untuk mencerminkan efek yang mereka harapkan dari kedekatan dengan bintang induk dan jarak dari Bumi terhadap pengamatan mereka atas sebuah planet ekstrasurya.

Kemudian, para ilmuwan berkonsultasi dengan pengamatan yang dilakukan pada tahun 2016 dan 2017 oleh Low Frequency Array (LOFAR) di Belanda. Selain sinyal potensial dari Tau Boötes b, para peneliti juga melaporkan bahwa mereka mungkin telah mengambil sinyal dari bintang Upsilon Andromedae atau planetnya, tetapi pendeteksian itu bahkan lebih redup daripada pendeteksian dari Tau Boötes.

Para peneliti tertarik untuk mendeteksi emisi radio dari planet karena informasi tersebut dapat membantu ilmuwan menguraikan apa yang terjadi di medan magnet dunia yang sama. Medan magnet tersebut, pada gilirannya, memengaruhi kondisi permukaan planet -misalnya, medan magnet Bumi melindungi atmosfer yang menjadikan dunia tempat kita dapat bertahan. Medan magnet semacam itu juga dapat memberi tahu para ilmuwan tentang kualitas lain dari sebuah dunia, seperti struktur dan sejarahnya.

Namun sejauh ini, mempelajari medan magnet tersebut secara langsung sulit bagi para ilmuwan untuk mengelola. Terlepas dari kenyataan bahwa hampir setiap planet di tata surya kita pernah memiliki satu di beberapa titik dalam sejarahnya. Oleh karena itu minat untuk menggunakan emisi radio sebagai perantara.

"Kami belajar dari Jupiter. Kami pergi mencarinya dan kami menemukannya," tambah Turner disitat dari laman Space.com. "Itu baru permulaan cerita, bukan akhir. Karena emisi radio masih bisa berasal dari bintang atau sumber lain selain dari planet."

"Masih ada beberapa ketidakpastian bahwa sinyal radio yang terdeteksi berasal dari planet ini. Kebutuhan untuk observasi lanjutan sangat penting," paparnya. (Baca juga: Khawatir, Sekolah Tatap Muka Awal Januari Butuh Kajian Cermat )