Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya

Jum'at, 08 Januari 2021 - 13:36 WIB
loading...
Fosil Ini Membuktikan Kalau Dinosaurus Juga Mengerami Telurnya
Penelitian baru seputar fosil oviraptor menunjukkan bahwa perilaku mengeram ini mungkin memang dipraktikkan oleh beberapa dinosaurus. Foto/iflscience.com
A A A
BELUM lama ini para ilmuwan berhasil menemukan fosil dinosaurus sedang mengerami telurnya layaknya seekor burung. Perilaku ini mungkin memang dilakukan oleh beberapa spesies dinosaurus.

Dikutip dari iflscience.com, penelitian baru seputar fosil oviraptor menunjukkan bahwa perilaku ini mungkin memang dipraktikkan oleh beberapa dinosaurus. Fosil dinosaurus non-avialan pertama yang menampilkan dinosaurus dewasa duduk di atas cengkeraman telur yang mengandung sisa-sisa embrio telah dirinci dalam Buletin Sains. (Baca: Pertama Kali, Dinosaurus Dalam Keadaan Utuh Dipamerkan)

Terlebih lagi, embrio berada pada tahap yang berbeda, menunjukkan telur akan menetas pada waktu yang berbeda. “Ini bukan pertama kalinya oviraptorid ditemukan sedemikian rupa, juga bukan embrio oviraptorid pertama,” kata penulis studi Shundong Bi, seorang profesor di Indiana University of Pennsylvania, kepada IFLScience.

Namun, Shundong Bi menjelaskan, ini kali pertama dinosaurus dewasa ditemukan mengeram di atas telur yang mengandung embrio. "Itu juga merupakan sarang oviraptorid pertama yang ditemukan di luar Gurun Gobi," katanya.

Penemuan ini dianggap luar biasa karena dinosaurus yang bertubuh besar tidak memungkinkan untuk mengerami telurnya yang rawan pecah. Namun, fosil yang dtemukan dekat Ganzhou, China sudah menjawab pertanyaan tersebut. (Baca juga: Google Maps Ungkap Mahluk Misterius di Antartika)

Para peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa evolusi biologi reproduksi nenek moyang burung hingga burung sekarang ini bukan proses linier. Mereka berteori bahwa beberapa aspek reproduksi theropoda non-avialan mungkin unik bagi dinosaurus ini dan tidak diturunkan ke nenek moyang avialan yang pada akhirnya melahirkan burung modern.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)