Anggrek Terjelek di Dunia Ditemukan di Hutan Madagaskar

Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:35 WIB
Anggrek Terjelek di Dunia Ditemukan di Hutan Madagaskar
Anggrek terjelek di dunia yang ditemukan di Hutan Madagaskar. Foto/dok
JAKARTA - Royal Botanic Gardens di Kew, London, menemukan spesies baru dari bunga anggrek yang biasanya semarak dan halus yang ditemukan di hutan Madagaskar. Bunga yang baru ditemukan ini sedikit mungil dan tidak seindah bunga anggrek yang lainnya.

Bunga yang baru ditemukan itu masuk dalam spesie Gastrodia Agnicellus yang merupakan salah satu dari 156 spesies tumbuhan dan jamur. Namun untuk bunga yang satu ini, layak dinobatkan sebagai bunga terjelek di dunia. (Baca: Wanita Pendukung Trump Ini Naik Jet Pribadi untuk Menyerbu Capitol)

“Bunga anggrek ini berukuran kecil hanya 11 milimeter, coklat dan agak jelek,” kata Kew dalam daftar 10 penemuan teratas tahun ini. Anggrek ini bergantung pada jamur untuk nutrisi dan tidak memiliki daun atau jaringan fotosintesis lainnya.

Meski dinilai sebagai spesies terancam, namun tumbuhan tersebut memiliki perlindungan karena berada di dalam taman nasional.

Tanaman anggrek ini tidak memiliki daun sehingga harus bergantung pada jamur untuk mendapatkan nutrisi dan bertahan hidup. Habitatnya di bawah pohon menunjukkan mikoriza yang diandalkan cukup spesifik. (Baca juga: Google Maps Ungkap Mahluk Misterius di Antartika)

Belum jelas bagaimana tumbuhan tersebut diserbuki. Namun menurut Hermans, semut yang masuk dalam bunga mengambil nektar kemungkinan menjadi salah satu jalur penyerbukan. Studi lebih lanjut akan dilakukan untuk mengetahui bagaimana G. agnicellus berkontribusi pada ekosistem.