Sembuh dari Covid-19, Pasien Masih Menunjukkan Gejala Selama 6 Bulan

loading...
Sembuh dari Covid-19, Pasien Masih Menunjukkan Gejala Selama 6 Bulan
Foto: dok/Reuters/China Daily
JAKARTA - Studi ilmiah terbaru tentang novel coronavirus dan upaya menemukan pengobatan dan vaksin untuk Covid-19 , menemukan fakta baru. Enam bulan setelah dinyatakan sembuh, pasien Covid-19 akan menunjukkan gejala.

Dilansir IFL Sience, Senin (11/1/2021) dan dipublikasikan di jurnal medis Lancet, penelitian tersebut dilakukan terhadap sebagian besar pasien yang dirawat di rumah sakit di Wuhan, China. Dokter meneliti 1.733 pasien yang dirawat di rumah sakit antara Januari, 2020 dan Mei. Enam bulan kemudian, 76% memiliki setidaknya satu gejala termasuk kelelahan atau kelemahan otot (terlihat pada 63%), kesulitan tidur dan kecemasan atau depresi. (Baca: Sebelum Jatuh ke Laut, UFO Warna Biru terekam Melayang di Atas Hawai)

Sebagian besar dari mereka yang sakit parah memiliki masalah paru-paru dan kelainan dada yang dapat mengindikasikan kerusakan organ. Sementara 13% pasien yang ginjalnya berfungsi normal di rumah sakit kemudian mengalami masalah ginjal, para peneliti melaporkan pada hari Jumat di The Lancet.

"Kami baru mulai memahami beberapa efek jangka panjang Covid-19 ," kata Bin Cao dari Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang di Beijing. "Analisis kami menunjukkan bahwa sebagian besar pasien terus hidup dengan setidaknya beberapa efek virus setelah meninggalkan rumah sakit," katanya.

(ysw)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top